Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha yang Berulangtahun Agustus, Ini Daftarnya

Bisnis.com, JAKARTA -Pada Agustus ini sejumlah pengusaha merayakan ulang tahun di usia yang berbeda satu sama lain. Dari mereka termasuk Menteri BUMN Dahlan Iskan, mantan CEO Jawa Pos Group. Siapa saja pengusaha yang berulangtahun itu?

Bisnis.com, JAKARTA -Pada Agustus ini sejumlah pengusaha merayakan ulang tahun di usia yang berbeda satu sama lain. Dari mereka termasuk Menteri BUMN Dahlan Iskan, mantan CEO Jawa Pos Group. Siapa saja pengusaha yang berulangtahun itu?

Yah...Ciputra yang lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, pada 24 Agustus ini, akan berumur 82 tahun. Dia seorang insinyur dan pengusaha, kini dalam kondisi sehat.Ia terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses, antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group .

Selain itu ia juga dikenal sebagai seorang filantropis dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra.

Pada 2011, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia, Ir. Ciputra menduduki peringkat ke-27 dengan total kekayaan US$ 950 juta.

Dia juga terkenal sebagai tokoh entrepreneur. Sejak kecil Ciputra sudah merasakan kesulitan dan kepahitan hidup. Bapaknya Tjie Siem Poe ditangkap oleh pasukan tak dikenal.

Jeffrie Geovanie (lahir di Jakarta, 5 Agustus 1967), merupakan salah seorang pengusaha dan politikus Partai Nasional Demokrat. Dia terpilih menjadi anggota DPR periode 2009–2014 dari Partai Golkar dengan wilayah pemilihan Sumatera Barat I.

Sebagai seorang profesional, Jeffrie pernah bekerja di American Express Bank Ltd Jakarta, Direktur Trego Holdings Ltd Singapore, serta Direktur Bank Artha Prima Jakarta. Selanjutnya dia berwiraswasta di bidang hotel   dan properti.

Pada 2002, Jeffrie mendirikan Syafii Maarif Foundation - Maarif Institute, sebuah LSM yang aktif mengkaji masalah kebudayaan dan kemanusiaan.Dalam lembaga tersebut ia duduk sebagai Ketua Yayasan.

Jeffrie Geovanie juga salah seorang Deklarator Nasional Demokrat yang sedari awal mengajak anak-anak muda untuk terlibat dalam tugas-tugas aktual menggelorakan gerakan perubahan. Jeffrie Geovanie dikenal sebagai seorang intektual muda yang mengisi kolom-kolom media massa nasional dan lokal melalui pemikiran-pemikiran yang segar dan bernas. Ia juga sukses dalam meniti karir sebagai pengusaha muda yang gandrung akan komitmen sosial dan keilmuan.

Muhammad Lutfi (lahir di Jakarta, 16 Agustus 1969)  adalah seorang pengusaha dan pejabat negara  yang pernah menjabat sebagai Kepala BKPM   kemudian ditugaskan menjadi duta besar Indonesia untuk Jepang. Pada  2008, Muhammad Lutfi diakui sebagai seorang pemimpin muda yang berpengaruh oleh the World Economic Forum’s Young Global Leaders. Ia juga merupakan salah seorang pendiri Masyarakat Ekonomi Syariah. Selesai mengenyam pendidikan di Universitas Purdue, Indiana, AS, Lutfi mengembangkan usaha bersama Erick Thohir,  Wisnu Wardhana,  dan Harry Zulnardy.

Mereka mendirikan Mahaka Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, keuangan, dan media. Di perusahaan tersebut Lutfi menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO. Pada usia 29 tahun, dia menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia  untuk Jakarta Yang Lebih Baik (HIPMI JAYA) periode 1998-2001, dan kemudian menjadi Ketua Nasional Hipmi  pada periode 2001-2004.

Dahlan Iskan (lahir di Magetan, Jatim, 17 Agsutsu 1951) adalah mantan CEO  surat kabar Jawa Pos  dan Jawa Pos Group  di Surabaya posisinya tersebut kemudian digantikan oleh putranya,Azrul Ananda. Ia menjadi  Direktur Utama PLN   pada 23 Desember 2009.  Pada  19 Oktober 2011, berkaitan dengan reshuffle Kabinet  Indonesia Bersatu II, Dahlan Iskan diangkat sebagai Menteri BUMN menggantikan Mustafa Abubakar.

                                                            ----

Pujiono Cahyo Widianto (lahir di Bedono, Jambu, Semarang, 4 Agustus 19765) atau lebih dikenal sebagai Syekh Puji  adalah pemimpin pondok pesantren   Miftahul Jannah, Desa Bedono, Kecamatan Jambu.  

Namanya dikenal luas oleh publik karena pengakuannya pada pers  bahwa ia menikahi seorang anak yang berusia 12 tahun sebagai isteri kedua.Ia juga menyatakan berencana menikahi dua orang anak di bawah umur. Ia beralasan, pernikahan seperti itu tidak melanggar hukum Islam. Selain itu, ia ingin mendidik isterinya untuk menjadi manajer perusahaan yang dipimpinnya. Syekh Puji sebelumnya juga pernah menarik perhatian pers karena membagi-bagikan zakat pada bulan September 2008 hingga Rp1,3 miliar.

Haryanti Sutrisno (lahir di Malang, 7 Agustus 1949)  adalah Bupati Kediri  periode 2010-2015. Haryanti mencalonkan diri dari PDI-P bersama wakilnya  Masykuri  dan berhasil memenangi pilkada dengan raihan 54% suara pemilih. Haryanti Sutrisno adalah istri pertama mantan Bupati Kediri pendahulunya Sutrisno. Haryanti sebelum menjadi Bupati Kediri sudah dikenal di masyarakat sebagai dokter dan pengusaha sukses. Bahkan Haryanti Sutrisno menjadi bupati terkaya di Indonesia dengan harta Rp41 miliar.  Haryanti adalah pemilik perusahaan PT. Vittindo Riz yang bergerak di bidang konsumsi.

Saiful Ilah (lahir di Sidoarjo, 9 Agustus 1949)  adalah pengusaha  tambak asal Sidoardjo, Jatim. Saiful Ilah juga menjabat sebagai Bupati Sidoardjo  periode 2010-2015 dengan kemenangan 60% dan didukung oleh gabungan partai diantaranya PKB dan PKS. Saiful Illah adalah anak ke empat dari 9 bersaudara pasangan pengusaha tambak H. Kholil dan Hj. Siti Aminah. Sekarang bisnis Saiful meliputi industri padat modal seperti pabrik velg motor, pabrik panci dan pabrik bahan baku obat nyamuk. Saiful Illah tercatat sebagai salah satu bupati  terkaya  dengan harta lebih dari Rp33 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper