Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Peredaran CD Orisinal Hanya 1%, Lainnya Bajakan

Bisnis.com, JAKARTA - Pembajakan di Indonesia semakin merajalela dan memprihatinkan, bahkan angkanya sudah semakin meningkat setiap tahun.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 01 Agustus 2013  |  19:52 WIB
Peredaran CD Orisinal Hanya 1%, Lainnya Bajakan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pembajakan di Indonesia semakin merajalela dan memprihatinkan, bahkan angkanya sudah semakin meningkat setiap tahun.

Pengamat Musik Bens Leo, persentase untuk peredaran CD musik orginal di Indonesia kini hanya mencapai angka 1%, sisanya 99% adalah bajakan. Jumlah yang mencengangkan di industri musik Tanah Air.

"Angka persentasenya meningkat dalam lima tahun belakangan ini. Tadinya 90% untuk CD bajakan, sekarang jumlahnya mencapai kisaran 99%, ini sudah semakin mengkhawatirkan," katanya, Kamis (1/8/2013).

Hal yang mengejutkan, menurutnya, banyak peredaran CD bajakan di Tanah Air tersebut justru terjadi di mal-mal. "Mal itu tempat yang memang strategis dalam menjual kepingan CD bajakan," tegasnya.

Bagi Bens Leo memang sangat sulit untuk mengentaskan pembajakan di Indonesia, tetapi bukan berarti tidak bisa menekannya. Salah satu caranya adalah dengan payung hukum terutama Perda yang diyakini akan memiliki pengaruh luar biasa.

"Perda bisa menjadi salah satu solusi dalam menekan angka pembajakan, terutama peredarannya di mal-mal," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bajakan vcd

Sumber : Wahyu Kurniawan

Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top