Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merak: Waspada, Ini Modus Operandi Kejahatan di Dermaga

Bisnis.com, MERAK -  Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, Banten, mengimbau pemudik mewaspadai dan mengantisipasi tindak kejahatan yang mungkin terjadi di kawasan itu. "Kami mencatat ada empat titik rawan kejahatan antara lain di gang
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 29 Juli 2013  |  04:04 WIB
Merak: Waspada, Ini Modus Operandi Kejahatan di Dermaga
Bagikan

Bisnis.com, MERAK -  Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, Banten, mengimbau pemudik mewaspadai dan mengantisipasi tindak kejahatan yang mungkin terjadi di kawasan itu.

"Kami mencatat ada empat titik rawan kejahatan antara lain di gang way (jembatan penyeberangan orang), loket tiket penumpang, Dermaga II dan Dermaga I," kata Kepala KSKP Merak Ajun Komisaris Kamarul Wahyudi di Merak, Minggu (28/7/2013).

Ia mengatakan pihaknya terus melakukan pengamanan di sekitar daerah rawan kejahatan dengan menyebar petugas berpakaian preman.

Biasanya, kata dia, aksi kejahatan di empat titik tersebut terjadi pada dini hari hingga pagi karena pemudik mengalami kelelahan.

"Dengan kondisi seperti itu, para pelaku kejahatan mulai beraksi baik pencopetan maupun pencurian barang-barang bawaan," kata Kamarul Wahyudi.

Karena itu pihaknya meminta pemudik waspada dam mencegah terjadinya aksi kejahatan. Ia juga meminta pemudik mewaspadai jika ada seseorang yang tidak dikenal memberikan makanan dan minuman.

Sebab banyak korban kejahatan pembiusan setelah menyantap makanan dan minuman. "Kami berharap pemudik tidak terpancing dengan pemberian makanan dan minuman itu," katanya.

Kamarul mengimbau para pemudik sebaiknya berpergian siang hari untuk menghindari tindak kejahatan. Menurut dia, berangkat pada malam hari sangat beresiko terhadap kejahatan.

"Saya kira berangkat siang hari lebih aman dibandingkan malam hari," jelasnya.

Ia menyebutkan pihaknya mengerahkan sebanyak satu regu di setiap titik dengan petugas sebanyak 10 orang untuk mengantisipasi tindak kejahatan itu.

Sementara itu, Kepala Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi Oetomo kepada Antara mengaku selama ini pengamanan di Pelabuhan Merak melibatkan kepolisian di Pelabuhan Merak maupun Polda Banten juga Pasukan Brimob dari Kelapa Dua Jakarta.

"Kami berharap tindakan kejahatan tidak terjadi selama arus mudik di Pelabuhan Merak karena pengalaman tahun 2012 cukup kondusif dan aman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asdp kapal ferry mudik lebaran pelabuhan merak
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top