Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Merapi Meletus: Warga Mulai Kembali ke Rumah, Sebagian Masih Mengungsi

Bisnis.com, JAKARTA—Warga di sekitar lereng Gunung Merapi yang sempat mengungsi pascaletusan yang menimbulkan hujan abu bercampur pasir tipis mulai kembali ke rumah masing-msaing. Namun, sebagian warga masih bertahan di tempat-tempat pengungsian

Bisnis.com, JAKARTA—Warga di sekitar lereng Gunung Merapi yang sempat mengungsi pascaletusan yang menimbulkan hujan abu bercampur pasir tipis mulai kembali ke rumah masing-msaing. Namun, sebagian warga masih bertahan di tempat-tempat pengungsian sementara.

Ratusan warga di Kemalang, Klaten, sebelumnya mengungsi di Kantor Kecamatan Kemalang dan di daerah Bawukan. Masyarakat di Cangkringan juga mengungsi ke Balai Desa Glagah Harjo.

Sebagian besar pengungsi kini sudah kembali ke rumah masing-masing. Namun, kelompok rentan yaitu lansia, ibu menyusui, dan anak-anak masih mengungsi di Balai Desa Glagahharjo.

Masyarakat di Desa Jrakah Boyolali mengungsi ke desa terdekat dan sudah kembali ke rumahnya. Di Magelang, masyarakat sekitar Merapi hanya keluar rumah karena suara gemuruh Gunung Merapi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Tengah, BPBD Provinsi Yogyakarta, BPBD Klaten, BPBD Sleman, BPBD Magelang, BPBD Boyolali, BPPTKG, dan PVMBG Badan Geoologi.

Berdasarkan keterangan resmi BNPB, hujan abu dan pasir halus terjadi di wilayah Deles, Tlogowatu, Kemalang, Balerante, Klaten di Jawa Tengah.

Hujan abu juga terjadi di sekitar Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen di daerah Cangkringan, Sleman Yogyakarta. Hujan abu hingga 7-14 km dari puncak Merapi mengarah ke Kabupaten Klaten dan Sleman. (Hery Lazuardi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper