Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polri Dinilai Paling Korup, Kompolnas Akui Gagal Mengawasi

Bisnis.com, JAKARTA— Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengakui gagal dalam mengawasi Polri sehingga mendapatkan predikat lembaga terkorup atas hasil survei Global Corruption Barometer (GCB) 2013 oleh Transparency International Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA— Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengakui gagal dalam mengawasi Polri sehingga mendapatkan predikat lembaga terkorup atas hasil survei Global Corruption Barometer (GCB) 2013 oleh Transparency International Indonesia (TII).

Komisioner Kompolnas M. Nasser mengungkapkan kegagalan pihaknya dalam hal pengawasan tersebut menyangkut kinerja dan perilaku terhadap lembaga yang bernaung di bawah kekuasaan presiden itu.

“Kami mengakui gagal. Kami minta maaf pada publik karena gagal memberikan pengawasan sebagaimana semestinya,” ujarnya, Minggu (14/7/2013).

Pihaknya menegaskan akan terus menginstrospeksi diri terhadap kasus yang memprihatikan tersebut.

Menurutnya, ada mekanisme pengelolaan APBN dalam tubuh Polri yang  tidak tepat baik dalam mekanisme perencanaan, pelaksanaan, pembelanjaan, dan pengawasan.

Hal seperti ini yang menyebabkan kasus korupsi semakin merajalela di korps Bhayangkara itu, apalagi sejak mulai perekrutan calon anggota.

Sebelumnya, GCB terkumpul melalui survei pada 114.000 orang di 107 negara. Khusus untuk di Indonesia, ada 1.000 responden yang disurvei di lima kota yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bandung.

Dalam survei 9 Juli 2013 itu, Kepolisian juga menjadi lembaga paling tinggi indikasi terkorup yaitu 4,5% disusul DPR dengan presentase yang sama. Di urutan ketiga terkorup adalah lembaga peradilan sebesar 4,4% dan partai politik di 4,3%. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Winda Rahmawati
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper