Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AWAL PUASA 2013: Tahan Hawa Nafsu, Mari Kita Tunggu Keputusan Pemerintah

BISNIS.COM, MEDAN -- Seluruh elemen umat Islam di Tanah Air diharapkan dapat menyeragamkan awal Ramadhan sebagai dimulainya pelaksanaan ibadah puasa dengan menungggu keputusan yang dikeluarkan pemerintah. Pengamat sosial dari IAIN Sumatera Utara Ansari

BISNIS.COM, MEDAN -- Seluruh elemen umat Islam di Tanah Air diharapkan dapat menyeragamkan awal Ramadhan sebagai dimulainya pelaksanaan ibadah puasa dengan menungggu keputusan yang dikeluarkan pemerintah.

Pengamat sosial dari IAIN Sumatera Utara Ansari Yamamah, Minggu (7/7, mengatakan puasa Ramadhann bukan sekadar ibadah biasa yang terdapat dalam ajaran Islam.

Dalam ibadah yang dilaksanakan selama 1 bulan penuh itu terrdapat nilai syiar yang dapat menambah kebesaran Islam sebagai sebuah agama.

Untuk menonjolkan nilai syiar tersebut, diperlukan peran dan kebersamaan umat Islam, termasuk dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.

 

"Jadi, dengan tetap menghargai perbedaan, marilah kita menunggu keputusan pemerintah."

Karena itu, sangat wajar jika umat Islam menungggu keputusan pemeriintah untuk menyeragamkan awal Ramadhan sebagai awal proses ibadah yang menahan hawa nafsu tersebut.

Sikap untuk mengedepankan keputusan pemerintah semakin dibutuhkan untuk menengahi berbagai perbedaan pendapat yang ada tentang awal Ramadhann.

Dalam hukum Islam, upaya mengedepankan keputusan pemerintah tersebut sesuai dengan kaidah ushul fiqh yakni "hukmul hakin arfa'ul khilaf" atau keputusan pemerintah dapat menghilangkan perbedaan pendapat.

Dengan mengacu kepada keputusan pemerintah tersebut, diharapkan kerukunan internal umat beragama akan semakin terjalin dan terjaga di Tanah Air.

"Jadi, dengan tetap menghargai perbedaan, marilah kita menunggu keputusan pemerintah," katanya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper