Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS.COM, MEDAN-- Forum Rektor Indonesia menawarkan lima kriteria kepemimpinan nasional untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas dalam Pemilihan Umum 2014 dan akan disosialisasikan ke seluruh perguruan tinggi di Tanah Air.

Dalam keterangan pers usai pertemuan regional se-Sumatera di kampus Univesitas Muhammadiyah Sumatera Utara di Medan, Sabtu (6/7/2013) Ketua Forum Rektor Indonesia Prof Laode M Kamaluddin mengatakan kriteria pertama adalah memiliki rekam jejak (track record) yang baik.

Dengan rekam jejak yang baik tersebut, pihaknya berharap pemimpin yang terpilih nantinya dalam menjalankan pembangunan dengan lancar dan tidak memiliki masalah lain yang dapat menghambat. "Paling tidak, calon pemimpin nasional itu harus sedikit catatan negatifnya."

Kedua, , dengan kesenjangan ekonomi yang semakin lebar, pihaknya mengusulkan kriteria calon pemimpin yang memiliki kepedulian dengan kaum miskin.

Ketiga, calon pemimpin nasional ke depan harus memiliki pemahaman yang baik tentang konsep pembangunan dan tidak terlalu mengacu ke negara barat.

Keempat, calon pemimpin nasional tersebut harus berani untuk menegakkan keadilan yang menjadi salah satu perhatian masyarakat.

"Seorang pemimpin itu tidak boleh takut dengan orang lain," kata Rektor Universitas Islam Sultan Agung, Semarang tersebut.

Kriteria kelima adalah sosok yang paham makna dan tujuan otonomi daerah dan mampu menerapkan kebijakan pembangunan yang merata dari Sabang hingga Merauke. "Kita butuh pemimpin yang tidak 'Jakartasentris."

Menurut Laode, dengan lima  kriteria tersebut, calon pemimpin nasional harus sosok yang memiliki kualitas mumpuni dan tidak harus berasal dari partai politik.

"Ketidak-harusan sosok dari partai politik tersebut perlu ditekankan untuk tidak menutup kesempatan tokoh lain yang memiliki kualitas lebih baik," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper