Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

WISATA ALAM: Kunjungan ke Kawah Putih Ciwidey Turun 20%

BISNIS.COM, BANDUNG--Tingkat kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Bandung Selatan pada peak season semester I/2013 anjlok 20%.General Manager Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Jasa Lingkungan dan Produk Lainnya (JLPL) Perum Perhutani unit III
Herdi Ardia
Herdi Ardia - Bisnis.com 06 Juli 2013  |  15:33 WIB

BISNIS.COM, BANDUNG--Tingkat kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Bandung Selatan pada peak season semester I/2013 anjlok 20%.

General Manager Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Jasa Lingkungan dan Produk Lainnya (JLPL) Perum Perhutani unit III Jabar-Banten, Slamet Winarto mengatakan menurunnya jumlah wisatawan yang menyerbu Ciwidey dan Rancabali itu akibat perbaikan jalan yang tengah dilakukan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jabar tepatnya di Jalan Kopo Sayati.

“Tahun sebelumnya jumlah wisatawan yang datang ke Kawah Putih dan sekitarnya bisa mencapai 4.000 orang orang perharinya. Sekarang hanya 3.000 orang saja,” katanya,  Sabtu (6/7).

Mayoritas pengguna jalan yang melintasi kawasan tersebut mengeluhkan tersendatnya laju kendaraan yang sering terjadi di kawasan yang menjadi langganan banjir tersebut. Terlebih wisatawan menggunakan waktunya dengan berlibur untuk menghilangkan kepenatan, akan tetapi dengan kemacetan tersebut mereka justru mengalami stres.

Menurut dia, sejauh ini objek wisata yang ada di bawah naungannya masih mengandalkan Kawah Putih sebagai magnet menyedot wisatawan untuk datang ke Kab Bandung.

“Memang pusatnya, ada di Ciwidey. Tapi, kami pun punya objek lainnya yang ada di Kecamatan Pangalengan dan Cilember-Puncak,” ujarnya.(k6)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kawah putih wisata alam
Editor : Yanto Rachmat Iskandar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top