Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

TANOTO FOUNDATION: Pelita Pendidikan Latih Guru di Daerah Terpencil

BISNIS.COM, JAKARTA–Untuk meningkatkan kualitas dan daya saing guru di daerah terpencil, Tanoto Foundation  melalui program Pelita Pendidikan melakukan Pelatihan Guru Mandiri di tiga provinsi antara lain Riau, Sumatera Utara, dan Jambi.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 11 Juni 2013  |  20:05 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA–Untuk meningkatkan kualitas dan daya saing guru di daerah terpencil, Tanoto Foundation  melalui program Pelita Pendidikan melakukan Pelatihan Guru Mandiri di tiga provinsi antara lain Riau, Sumatera Utara, dan Jambi.

Ketua Pengurus Tanoto Foundation Sihol Aritonang mengatakan dukungan untuk peningkatan kualitas para pendidik dilakukan melalui pelatihan-pelatihan dalam hal teknik pengajaran dan manajemen kelas. Selain itu, pihaknya juga memberikan fasilitas akses pada pendidikan tinggi melalui beasiswa S1 bagi guru yang bertugas di daerah terpencil.

“Kami memberikan pelatihan dan pendampingan berkelanjutan. Dalam 3 tahun terakhir ini, sudah ada sekitar 2.000 guru yang dilatih dan lebih dari 200 infrastruktur sekolah yang diperbaiki,” ucapnya, Selasa (11/6/2013).

Perlunya peningkatan kualitas guru di daerah terpencil, sebab Berdasarkan data dari World Bank 2007, 66% sekolah daerah terpencil kekuarangan guru berkualitas.

Apalagi pada 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan kurikulum baru yang digagas untuk lebih memampukan sistem pendidikan di Indonesia demi menciptakan generasi berkualitas. “Kondisi ini harus segera ditangani sehingga bisa menghasilkan generasi yang berkualitas.”

Berdasarkan data dari Kemendiknas pada 2009/2010 dari sisi kualitas guru, 73% kepala sekolah dan guru perlu ditingkatkan kualifikasinya agar memenuhi syarat pendidikan minimum. Adapun kuota sertifikasi per tahun hanya sekitar 250.000 sampai 300.000 guru per tahun, sementara jumlah guru TK sampai sekolah menengah lebih dari 4 juta

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

guru sekolah perbatasan world bank tanoto foundation
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top