Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS.COM, PADANG-Panitia lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Padang, Sumatra Barat, mencatat jumlah siswa yang mendaftar sebagai peserta ujian tulis SBMPTN 2013 hingga batas akhir pendaftaran Sabtu (8/6) mencapai 35.441 orang.

"Angka ini sedikit mengalami penurunan karena pada tahun lalu jumlah peserta mencapai 38 ribu siswa," kata Humas Panitia Lokal SBMPTN, Amril Amir.

Dia merinci pendaftar bidang sains teknologi sebanyak 11.196 orang, sosial humaniora 15.224 dan campuran sebanyak 9.021 pendaftar.

Ujian tulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni dengan materi tes potensi akademik (TPA), tes kemampuan dasar umum meliputi matematika dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Kemudian, tes kemampuan dasar sains dan teknologi meliputi matematika, biologi, fisika dan kimia serta tes kemampuan dasar sosial dan humaniora meliputi sosiologi, ekonomi, sejarah dan geografi.

"Jika peserta memilih program studi yang mewajibkan ujian keterampilan maka calon peserta harus menentukan jumlah ujian yang diikuti maksimal tiga jenis".

Dia menjelaskan berbeda dengan ujian tahun sebelumnya, pada tahun ini setiap pendaftar dapat memilih tiga program studi dengan syarat satu program studi yang dipilih harus merupakan perguruan tinggi negeri pada wilayah dimana yang bersangkutan ujian.

"Jika pada tahun lalu ada kategori IPA, IPS dan IPC tahun ini diganti menjadi saintek, sosial humaniora dan campuran," ujarnya.

Selain itu, saat mendaftar peserta sudah dapat mengetahui tempat lokasi ujian sehingga dapat mengantisipasi keterlambatan pada hari pelaksanaan.

Dia menambahkan calon peserta harus teliti dalam mengikuti setiap tahapan dan pastikan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

 

Alokasi Penerimaan Mahasiswa Melalui SBMPTN 2013 di Sumbar

Universitas

Alokasi   Penerimaan (orang)

Universitas Andalas

2.190

Universitas Negeri Padang

1.524

 

Sebelumnya Ketua Panitia Lokal SBMPTN 2013 Agus Irianto mengatakan Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) akan menerima 3.714 mahasiswa melalui SBMPTN.

"Dari 3.714 kursi tersebut Universitas Andalas akan menerima 2.190 orang dan Universitas Negeri Padang sebanyak 1.524 mahasiswa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper