Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SBMPTN SUMBAR: 35.441 Siswa Perebutkan 3.714 Kursi

Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 11 Juni 2013  |  08:25 WIB
SBMPTN SUMBAR: 35.441 Siswa Perebutkan 3.714 Kursi
Bagikan

BISNIS.COM, PADANG-Panitia lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Padang, Sumatra Barat, mencatat jumlah siswa yang mendaftar sebagai peserta ujian tulis SBMPTN 2013 hingga batas akhir pendaftaran Sabtu (8/6) mencapai 35.441 orang.

"Angka ini sedikit mengalami penurunan karena pada tahun lalu jumlah peserta mencapai 38 ribu siswa," kata Humas Panitia Lokal SBMPTN, Amril Amir.

Dia merinci pendaftar bidang sains teknologi sebanyak 11.196 orang, sosial humaniora 15.224 dan campuran sebanyak 9.021 pendaftar.

Ujian tulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni dengan materi tes potensi akademik (TPA), tes kemampuan dasar umum meliputi matematika dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Kemudian, tes kemampuan dasar sains dan teknologi meliputi matematika, biologi, fisika dan kimia serta tes kemampuan dasar sosial dan humaniora meliputi sosiologi, ekonomi, sejarah dan geografi.

"Jika peserta memilih program studi yang mewajibkan ujian keterampilan maka calon peserta harus menentukan jumlah ujian yang diikuti maksimal tiga jenis".

Dia menjelaskan berbeda dengan ujian tahun sebelumnya, pada tahun ini setiap pendaftar dapat memilih tiga program studi dengan syarat satu program studi yang dipilih harus merupakan perguruan tinggi negeri pada wilayah dimana yang bersangkutan ujian.

"Jika pada tahun lalu ada kategori IPA, IPS dan IPC tahun ini diganti menjadi saintek, sosial humaniora dan campuran," ujarnya.

Selain itu, saat mendaftar peserta sudah dapat mengetahui tempat lokasi ujian sehingga dapat mengantisipasi keterlambatan pada hari pelaksanaan.

Dia menambahkan calon peserta harus teliti dalam mengikuti setiap tahapan dan pastikan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

 

Alokasi Penerimaan Mahasiswa Melalui SBMPTN 2013 di Sumbar

Universitas

Alokasi   Penerimaan (orang)

Universitas Andalas

2.190

Universitas Negeri Padang

1.524

 

Sebelumnya Ketua Panitia Lokal SBMPTN 2013 Agus Irianto mengatakan Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) akan menerima 3.714 mahasiswa melalui SBMPTN.

"Dari 3.714 kursi tersebut Universitas Andalas akan menerima 2.190 orang dan Universitas Negeri Padang sebanyak 1.524 mahasiswa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar universitas andalas sbmptn

Sumber : Newswire

Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top