Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURVEI WEF 2012: Keindahan Alam Indonesia Peringkat 6 Dunia

BISNIS.COM, JAKARTA--Keindahan alam Indonesia menempati posisi ke enam dunia berdasarkan hasil survei World Economic Forum (WEF) 2012 yang dirilis belum lama ini.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan bahwa tahun ini peringkat

BISNIS.COM, JAKARTA--Keindahan alam Indonesia menempati posisi ke enam dunia berdasarkan hasil survei World Economic Forum (WEF) 2012 yang dirilis belum lama ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan bahwa tahun ini peringkat kepariwisataan Indonesia berdasarkan hasil survei WEF naik empat peringkat, dari posisi 74 dunia pada 2011 menjadi posisi 70 dunia pada 2012.

"Hal yang lebih membanggakan adalah Indonesia ada di peringkat enam untuk keindahan alam," katanya seperti ditulis Antara, Senin (10/6/2013).

Menurut Mari, hal ini adalah modal besar untuk mengembangkan pariwisata karena siapapun tahu bahwa pantai dan laut yang terindah di dunia ada di Indonesia.

"Beberapa waktu lalu kita berhasil memukau pengunjung ITB Berlin 2013 dengan menampilkan replika Kapal Phinisi sebagai daya tarik dan ikon dari Paviliun Indonesia," katanya.

Hal itu menjadi wujud sinergi pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat positif untuk meningkatkan kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia yang telah memiliki tradisi dan sejarah kelautan sejak ribuan tahun lalu.

Pihaknya memiliki komitmen untuk mengembangkan tujuh wisata tematik (minat khusus) dan tiga di antaranya sangat terkait dengan pantai dan laut (wisata alam dan ekowisata, wisata olahraga dan rekreasi, dan wisata kapal pesiar).

"Namun, pengembangan wisata tematik ini memerlukan dukungan kerja sama dengan kementerian lain dan Pemerintah Daerah," katanya.

Dia menambahkan, pengembangan wisata tematik yang optimal diharapkan mampu mendongkrak peringkat pariwisata Indonesia pada tahun-tahun mendatang.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper