Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUOTA HAJI: 3.924 Jemaah Asal Aceh Terancam Tidak Bertambah

BISNIS.COM, BANDA ACEH--Sebanyak 3.924 orang jatah jemaah calon haji (JCH) yang berasal dari Aceh terancam tidak bertambah menyusul belum keluarnya revisi kuota JCH untuk provinsi tersebut.Provinsi Aceh masih menunggu penambahan kuota calon jamaah haji

BISNIS.COM, BANDA ACEH--Sebanyak 3.924 orang jatah jemaah calon haji (JCH) yang berasal dari Aceh terancam tidak bertambah menyusul belum keluarnya revisi kuota JCH untuk provinsi tersebut.

Provinsi Aceh masih menunggu penambahan kuota calon jamaah haji (CJH) dari Pemerintah Pusat untuk memangkas antrian panjang daftar tunggu yang kini mencapai 53.116 orang.

"Hingga saat ini kita masih menunggu ada tidaknya penambahan kuota haji untuk Provinsi Aceh yang akan diberangkatkan pada musim haji 2013 ini," kata Kasubag Humas Kantor Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Akhyar di Banda Aceh, Selasa (28/5/2013).

Dijelaskannya, terus bertambahnya jumlah daftar tunggu tersebut disebabkan tingginya minat masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu untuk menunaikan ibadah haji pada setiap musim haji.

Menurut dia, penambahan antrian panjang calon jamaah haji asal provinsi ujung paling barat Indonesia itu tidak dibarengi dengan penambahan kuota yang diberikan oleh kerajaan Arab Saudi.

"Artinya, tanpa adanya penambahan kuota maka sulit untuk memangkas antrian panjang calon jamaah haji yang ingin menunaikan ibadah haji," katanya.

Disebutkannya, pada pemberangkatan musim haji 2013, Pemerintah Pusat telah menetapkan kuota yang diterima Aceh sama dengan tahun 2011 yakni sebanyak 3.924 orang.

Menurut dia, penambahan kuota tersebut baru akan terjadi jika Kerajaan Arab Saudi mengabulkan permintaan penambahan CJH yang diajukan Menteri Agama.

"Artinya, jika kuota nasional yang diajukan Menteri Agama disetujui Kerajaan Arab Saudi maka akan ada penambahan kuota calon haji pada tahun 2013 ini," katanya.

Pihaknya meyakini penambahan secara nasional yang diberikan oleh Kerajaan Arab Saudi juga akan menambah jumlah CJH asal provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu untuk melaksanakan rukun Islam ke lima.

"Sampai saat ini Aceh masih menunggu jumlah penambahan yang tentunya sesuai dengan hasil pengajuan Menteri Agama ke Kerajaan Arab Saudi," katanya.

Pihaknya berharap adanya penambahan CJH tersebut akan mampu memotong jumlah antrian panjang daftar tunggu calon haji di bumi Serambi Mekkah.

"Semua kita berharap agar Kerajaan Arab Saudi dapat mengabulkan penambahan jumlah calon haji yang berangkat pada musim haji 2013," demikian Akhyar.(yop)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper