Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUKYAT HILAL: Penentuan Awal Rajab 1434 di Gresik Tak Berhasil

BISNIS.COM, GRESIK: Rukyatul penentuan awal bulan Rajab 1434 H pada Jum’at (10/5) sore bertepatan dengan 29 Jumadil Akhir di Balai Rukyat Bukit Condrodipo Gresik tidak berhasil melihat hilal. Posisi hilal sebenarnya sudah layak dirukyat (imkanurrukyat)

BISNIS.COM, GRESIK: Rukyatul penentuan awal bulan Rajab 1434 H pada Jum’at (10/5) sore bertepatan dengan 29 Jumadil Akhir di Balai Rukyat Bukit Condrodipo Gresik tidak berhasil melihat hilal. Posisi hilal sebenarnya sudah layak dirukyat (imkanurrukyat) namun pengamatan hilal terhalang awan.

Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi).

Dari markaz perhitungan Condrodipo Gresik, seperti dalam data hisab metode Irsyadul Murid yang dihitung oleh Ibnu Zahid Abdo el-Moeid, umur hilal sudah mencapai 09:48:54. Sementara itu tinggi hilal pada saat dilakukan pengamatan mencapai 03018’ 08,38”.

Rukyat diawali dengan istighotsah dan tahlil yang dipimpin oleh KH Taufiqurrahman, demikian situs nu.or.id. Rukyat awal Rajab kali ini sangat istimewa karena diikuti oleh para kiai dan ahli hisab dari berbagai daerah yang mengikuti kegiatan Penyerasian Almanak Tingkat Nasional Lajnah Falakiyah PBNU di Gresik.

Proses rukyat dipandu oleh Abdo el-Moeid, pengurus Lajnah Falakiyah Gresik, bersama H. Ahmad Izzuddin, Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat yang juga mengikuti rukyat di bukit Condrodipo yang berada pada ketinggian 120 meter di atas permukaan air laut.

Pada sekitar pukul 17.40 WIB saat hilal sudah tenggelam (ghurub) rukyat di Balai Rukyat Condrodipo itu Gresik. Sebenarnya di tengah pelaksanaan rukyat ada yang mengaku melihat hilal, namun setelah diverifikasi dengan gambar yang diambil persekian detik oleh kamera teleskop sama sekali tidak ditemukan hilal.

Posisi ufuk barat memang sangat gelap karena tertutup awan. Hingga berita ini ditulis pada Jum’at malam, belum ada satu laporan pun yang mengatakan telah berhasil melihat hilal.

Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH A. Ghazalie Masroeri yang mengikuti rukyatul hilal di Condrodipo Gresik itu mengatakan pihaknya masih menunggu laporan pengamatan hilal di titik rukyat yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : nu.or.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper