Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DIRUT BUMN MENGAJAR: Dahlan Wajibkan Menjadi Guru SD-SLTA

BISNIS.COM, JAKARTA--Menteri BUMN Dahlan Iskan menginstruksikan seluruh direktur utama perusahaam milik negara (BUMN) untuk mengajar di jenjang pendidikan dasar dan lanjutan dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Bangsa."Seluruh Dirut BUMN, tidak ada

BISNIS.COM, JAKARTA--Menteri BUMN Dahlan Iskan menginstruksikan seluruh direktur utama perusahaam milik negara (BUMN) untuk mengajar di jenjang pendidikan dasar dan lanjutan dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Bangsa.

"Seluruh Dirut BUMN, tidak ada kecuali harus mau mengabdikan diri membagi ilmu yang dikuasainya kepada anak-anak sekolah," katanya seusai menggelar Rapat Pimpinan Kementerian BUMN, di Kantor Pusat Jamsostek, Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Menurut Dahlan, program "Dirut BUMN Mengajar Sekolah" ini selain meningkatkan ilmu pengetahuan siswa juga menjadi bagian dari pengabdian BUMN kepada lingkungan dan masyarakat.

Ia mengaku, ide agar Dirut BUMN ikut terjun ke masyarakat membagi ilmu kepada masyarakat datang dari Rektor Universitas Paramadina Prof Anies R. Baswedan.

"Pemikiran Anis Baswedan ini bagus dan sangat mulia, jadi harus ditindaklanjuti," katanya.

Para Dirut BUMN, kata Dahlan, bisa menjadi inspirasi bagi para siswa sekolah dasar dan lanjutan bahwa bagaimana membentuk sebuah perusahaan, mengelola pengusaha, hingga bagaimana membuat perusahaan bisa tetap berkembang.

Adapun teknis dan metode pengajaran yang akan diberikan oleh para Dirut tersebut disesuaikan dengan lokasi dan bidang ilmu yang dimiliki, misalnya Pertamina mengajarkan soal pengelolaan migas, PLN memberikan pemahaman soal kelistrikan dan hemat listrik, Bank BUMN soal pembiayaan dan lainnya.

Saat ini jumlah BUMN mencapai 142 perusahaan. "Seorang Dirut bisa mengajar di 2-3 sekolah. Jadwalnya bisa disesuaikan, dicari waktu yang tidak mengganggu pekerjaan," ujar Dahlan. (if).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper