Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SIAGA BANJIR: Awas! Permukaan Air Bengawan Solo Cenderung Meningkat

BISNIS.COM, BOJONEGORO-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Jatim, memberlakukan siaga II menghadapi banjir Bengawan Solo dengan ketinggian air 14,13 meter, Sabtu (20/4/2013) pukul 08.00 WIB."Naiknya

BISNIS.COM, BOJONEGORO-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Jatim, memberlakukan siaga II menghadapi banjir Bengawan Solo dengan ketinggian air 14,13 meter, Sabtu (20/4/2013) pukul 08.00 WIB.

"Naiknya air Bengawan Solo di daerah hilir Bojonegoro disebabkan oleh pengaruh hujan di daerah Kali Madiun dan sekitarnya juga daerah hulu Jawa Tengah," kata Kasi Operasi UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Mucharom.

Namun, naiknya permukaan air Bengawan Solo di Bojonegoro dan sekitarnya akan kembali surut sepanjang tidak ada tambahan air hujan.

"Saat ini ketinggian air Bengawan Solo di Bojonegoro mulai stabil. Air akan berangsur-angsur surut sepanjang tidak ada tambahan air hujan," ujarnya.

Data di UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo, ketinggian air Bengawan Solo masuk siaga II dengan ketinggian air mencapai 14,09 meter pada Jumat (19/4/2013) pukul 24.00 WIB.

"Selama beberapa jam air naik menjadi 14,15 meter, namun kemudian surut," kata seorang petugas di posko UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Rianto.

Sementara itu, ketinggian air di Karangnongko, Kecamatan Ngraho, sekitar 70 kilometer dari Kota Bojonegoro yang sempat mencapai 27.15 meter, mulai turun menjadi 26,70 meter Sabtu pukul 06.00 WIB.

"Air Bengawan Solo di Ngawi juga sudah mulai surut dibawah siaga banjir".

Yang jelas, papar Mucahrom, kondisi banjir Bengawan Solo dengan status siaga II di daerah hilir Jatim saat ini masih terkendali, namun kewaspadaan tetap dilakukan dengan mempertimbangkan hujan masih berpeluang terjadi.(antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper