Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREDIKSI IMF: Prancis akan jatuh dalam resesi pada 2013

BISNIS.COM, PARIS—Dana Moneter Internasional memperkirakan Prancis, --ekonomi terbesar kedua di zona Euro--, akan jatuh ke dalam resesi pada 2013 dengan ekonomi kontraksi sebesar 0,1%.

BISNIS.COM, PARISDana Moneter Internasional memperkirakan Prancis, --ekonomi terbesar kedua di zona Euro--, akan jatuh ke dalam resesi pada 2013 dengan ekonomi kontraksi sebesar 0,1%.

Dalam revisi terbarunya, Dana Moneter Internasional (IMF) menurunkan perkiraan sebelumnya tentang Prancis.

Pada tahun ini, negara tersebut diperkirakan alami pertumbuhan ekonomi 0,3% dan membaik menjadi 0,9% pada 2014.

“Pertumbuhan Prancis akan negatif pada 2013, mencerminkan kombinasi konsolidasi fiskal, kinerja ekspor buruk, dan kepercayaan rendah,” kata Kepala Ekonom IMF Olivier Blanchard, seperti dikutip Antara, Rabu (17/4/2013).

Dalam laporan World Economic Outlook IMF menyebutkan diperkiraan IMF lebih pesimis dibandingkan Pemerintah Prancis yang menargetkan defisit publiknya kembali di bawah batas Uni Eropa sebesar 3,0% dari PDB 2014.

Sejalan dengan Komisi Eropa, Pemerintah Prancis, --seperti dilaporkan AFP--memproyeksikan pertumbuhan 0,1% pada tahun ini dan 1,2% di 2014.

Blanchard menilai resesi di Prancis mungkin mempertanyakan kemampuan (zona Euro) inti untuk membantu negara sekelilingnya, jika dan ketika diperlukan.

IMF juga memperkirakan tingkat pengangguran Prancis akan terus meningkat, dari 10,2% pada 2012 menjadi 11,2% tahun ini dan 11,6% pada 2014.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : R Fitriana
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper