Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRISIS KOREA: Korut Rayakan 101 Tahun Kelahiran Kim Il Sung

BISNIS.COM, SEOUL—Korea Utara  merayakan 101 tahun peringatan kelahiran pendiri negara tersebut, yakni Kim Il Sung, pada Senin (15/4/2013), setelah Amerika Serikat (AS), China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel) sepakat untuk menjinakkan negara

BISNIS.COM, SEOUL—Korea Utara  merayakan 101 tahun peringatan kelahiran pendiri negara tersebut, yakni Kim Il Sung, pada Senin (15/4/2013), setelah Amerika Serikat (AS), China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel) sepakat untuk menjinakkan negara komunis itu.

Kantor Berita Pusat Korea, kantor berita milik negara Korut, mengungkapkan Kim pada Senin pagi berziarah ke makam kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il di Istana Matahari Kumsusan.

Muncul kekhawatiran Kim akan merayakan Hari Jadi tersebut dengan kembali melakukan uji coba nuklir. Dia telah menyatakan perang dengan Korsel dan AS sejak latihan perang bersama AS dan Korsel pada Maret 2013.

Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan Korut telah siap melancarkan serangan, tapi belum ada pergerakan yang tidak biasa dari pasukan Korut sejauh ini. Adapun kawasan industri bersama Korut-Korsel di Gaesong telah ditutup dalam sepekan terakhir.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS John Kerry yang tengah melakukan kunjungan ke Asia berencana menemui pemimpin Korut Kim Jong UN. “Kami siap untuk berunding,” katanya di Tokyo pada Minggu (14/4/2013). (Bloomberg/if

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : A. Puja R. Altiar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper