Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TWITTER SBY: Akun @SBYudhoyono Langsung Panen Ribuan Follower

BISNIS.COM, JAKARTA — Popularitas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kini bisa dilihat dari penggunaan akun sosial media terutama di Twitter.

BISNIS.COM, JAKARTA — Popularitas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kini bisa dilihat dari penggunaan akun sosial media terutama di Twitter.

Pagi ini, dunia Twitter atau Twitterland Indonesia dihebohkan dengan akun @SBYudhoyono yang bertanda centang biru Verified. Akun ini diyakini sebagai akun twitter resmi orang nomor satu di Indonesia.

Keyakinan tersebut membuat follower – istilah untuk akun-akun lain yang mengikuti setiap perkembangan suatu akun, melonjak.

Satu setengah jam lalu, saya mem-follow akun tersebut pada posisi 191 follower. Namun pada pukul 09.22 pagi WIB, jumlahnya telah mencakup 6.383 follower, meski belum sekalipun berkicau.

Berikut ini tanggapan dari TwitterLand:
@pipinBeck
Good Morning Mr. President @SBYudhoyono ,Welcome to twitter-land. #semangka *Semangat kaaa* :D | @isari68

@krx_
@SBYudhoyono kak follow aku kak.. follow aku..

@NrShyana
Haha.. Kalahki akun.y justin bieber-_-"@aditdontgo: Follow bapak presiden kita @SBYudhoyono , akun yg belum ngetweet tapi udah banyak follow

@ikomae
Selamat datang pak @SBYudhoyono , ? pasang mata, siapp membaca kata hati rakyat..

@yoyandika
Vroh, perasaan 5 menit yang lalu gw stalking twitternya @SBYudhoyono masih 1000an followersnya, 5menit kmudian udah 4800, konspirasi pasti

@andysolong
@SBYudhoyono <--- followernya bertambah 10-20 tiap detiknya... SEKARANG !!

Nah bandingkan pula popularitas akun pak Presiden dengan timnya, @IstanaRakyat yang juga baru sepekan ini berkicau.

Dalam kurun waktu singkat itu pula, mulai Senin - Kamis, akun itu telah diikuti oleh sebanyak 42.500 follower. – istilah untuk akun-akun lain yang mengikuti setiap perkembangan suatu akun.

Dalam sehari, follower @IstanaRakyat bertambah lagi sebanyak 10.000 hingga total menjadi 56.700 follower (Jumat, 12/4). Angka itu melonjak tajam dibandingkan jumlah follower pada 2 hari pertama terbitnya akun, yaitu 2.100 follower.

Keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memiliki akun twitter merupakan wujud dari keinginannya menjadi warga biasa yang terlibat dalam dialog secara bebas dan setara.

"Ini juga bagian dari pengejawantahan dirinya sebagai seorang demokrat yang terlibat dalam memperkuat citizenship atau kewarganegaraan," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik, Daniel Sparringga,(12/4/2013).

Menurut Daniel, Presiden SBY sudah bertekad untuk menjadi bagian dari netcitizen guna memperdalam demokrasi dan memberi makna yang lebih sejati untuk membangun kepercayaan dan kerja sama di antara warga Indonesia, bahkan warga dunia.

"Niat ini juga sejalan dengan kehendaknya untuk memperluas jangkauan komunikasi publiknya dalam sisa masa pemerintahannya".

Pendekatan itu, kata Daniel, juga agar Presiden SBY dapat meningkatkan efektivitas kepemimpinan politiknya dalam menavigasi pemerintahannya.

"Saya percaya, keputusan para pemimpin dunia untuk masuk ke dunia itu didasari oleh keyakinan akan makin pentingnya media sosial sebagai ruang publik yang juga memiliki sifat strategis dalam pembentukan opini politik," katanya.

Ia menambahkan bahwa Presiden SBY bukan pemimpin pertama yang memiliki akun twitter.

Mengingat kehidupan sosial dan politik sudah sangat berubah karena teknologi informasi, katanya, para pemimpin harus menyesuaikan diri agar mereka tetap dapat membuat koneksi dengan kenyataan sehari-hari.

Ia mengemukakan diskoneksi dengan realitas adalah mimpi buruk yang hendak dicegah oleh Presiden SBY.

"Menerima kritik tajam dari 'followers' adalah bagian dari upaya memelihara koneksi itu. Presiden menerima semua konsekuensi itu, termasuk yang terburuk dari semuanya, yaitu ia harus melayani ocehan dan celotehan, dari yang lucu tetapi kurang relevan hingga sinisme yang ekstrem," jelasnya

(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Fahmi Achmad

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper