Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DOCTORSHARE: 132 Warga Belitung Timur Dilayani Rumah Sakit Apung, Gratis

BISNIS.COM, JAKARTA--Rumah Sakit Apung melayani sedikitnya 132 warga di Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung terkait dengan pelayanan medis gratis dengan menggandeng pemerintah daerah setempat, setelah dilakukan

BISNIS.COM, JAKARTA--Rumah Sakit Apung melayani sedikitnya 132 warga di Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung terkait dengan pelayanan medis gratis dengan menggandeng pemerintah daerah setempat, setelah dilakukan perdana di Kepulauan Seribu.

Hal itu disampaikan Edward Susanto, koordinator lapangan pelayanan medis Rumah Sakit, sekaligus dokter, dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (05/4/2013).

Rumah Sakit Apung didirikan oleh DoctorShare, sebuah lembaga nirlaba yang memfokuskan pada bantuan kemanusiaan di antaranya melalui pelayanan medis.

Edward mengatakan selain pengobatan umum, pihaknya juga melakukan bedah mayor dan minor. Dalam keterangannya, masing-masing pasien berjumlah 118 orang untuk pengobatan umum, enam warga untuk bedah mayor, dan delapan warga mendapatkan bedah minor.

"Lima jenis penyakit terbanyak yang diderita adalah hipertensi, rematik, Infeksi Saluran Atas Pernapasan, gastritis, dan penyakit kulit. Jenis bedah minor yang dilakukan adalah lipoma, kista aterom, dan FAM," kata Edward.

Dia memaparkan dalam pelayanan medis kemarin, ditemukan sebuah kasus menarik dari seorang warga yang telah 10 tahun menderita hernia scrotalis sinistra sebesar buah kelapa yang berhasil dipulihkan. Pemulihan itu dilakukan melalui  bedah mayor selama lebih dari satu jam.

Rumah Sakit Apung sendiri berukuran 23,5 x 6,55 meter dengan fasilitas rumah sakit seperti ruang periksa, kamar bedah, kamar rontgen, laboratorium, serta ruang rawat pasien.

Fasilitas lainnya adalah ruang arsip, kamar dokter, kamar perawat, kamar karyawan, ruang diskusi, dapur, toilet, dan ruang kemudi kapal.

Setelah Belitung Timur, rencananya Rumah Sakit Apung akan menuju Kalimantan Barat pada 9 April 2013. Pelayanan medis sendiri akan diberikan pada 12-14 April 2013. Foto: Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anugerah Perkasa
Editor : Others
Sumber : Anugerah Perkasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper