Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Calon Ketua Umum Demokrat Harus Loyal Pada SBY

BISNIS.COM, JAKARTA - Jajaran petinggi Partai Demokrat menyatakan calon ketua umum partai tersebut harus loyal kepada SBY. Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik mengatakan kriteria tokoh yang ingin mengajukan diri sebagai ketua umum Demokrat

BISNIS.COM, JAKARTA - Jajaran petinggi Partai Demokrat menyatakan calon ketua umum partai tersebut harus loyal kepada SBY.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik mengatakan kriteria tokoh yang ingin mengajukan diri sebagai ketua umum Demokrat harus menyatakan tunduk pada keputusan Majelis Tinggi.

"Tentu yang jiwanya sangat demokrat, loyal kepada Pak SBY," katanya menjawab pertanyaan mengenai kriteria calon ketua umum Demokrat yang baru di Kantor Presiden, Kamis (14/3).

Jero yakin Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat yang akan diadakan di Bali bisa memilih ketua umum melalui proses aklamasi tanpa harus melalui pengambilan suara terbanyak.

Anggota Majelis Tinggi Demokrat E.E. Mangindaan mengatakan ketua umum Demokrat yang baru harus mampu mengurus partai sepenuhnya dalam kerangka menata kembali dan melakukan konsolidasi partai.

Jero mengklaim sudah mendapatkan komitmen Dewan Pimpinan Daerah untuk mengikuti keputusan Majelis Tinggi, sedangkan DPD menyatakan mampu melakukan konsolidasi dengan tiap Dewan Pimpinan Cabang.

"DPD sudah menyatakan komitmen akan tunduk pada Majelis Tinggi, DPC juga sudah menyatakan komitmen pada DPD. Secara verbal sudah," jelasnya.

Pengambilan keputusan melalui aklamasi, tegas Jero, masih berada dalam koridor demokrasi. Dia mengatakan proses serupa juga dilakukan oleh partai-partai politik lain selain Demokrat.

"Hampir semua parpol begitu bukan? Kita jangan jauh-jauh dulu, yang biasa saja dulu. Ternyata memang baru sampai situ, demokrasi ini memang perlu pematangan, perlu pendewasaan," katanya

Mangindaan mengatakan Majelis Tinggi terus melakukan persiapan KLB dengan mengumpulkan DPD untuk berusaha mencapai mufakat dalam kongres yang rencananya diadakan di Bali itu.

(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Others
Sumber : Demis Rizky Gosta
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper