Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiru Singapura, Malaysia Batasi Pekerja Asing

SINGAPURA, BISNIS.COM—Malaysia berencana mengurangi ketergantungannya kepada tenaga kerja asing dengan mengurangi industri padat karya secara bertahap dan mengawasi investasi dengan ketat.Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia Mustapa Mohamed

SINGAPURA, BISNIS.COM—Malaysia berencana mengurangi ketergantungannya kepada tenaga kerja asing dengan mengurangi industri padat karya secara bertahap dan mengawasi investasi dengan ketat.

Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia Mustapa Mohamed di Singapura, Selasa (5/3), mengatakan pemerintah ingin jumlah tenaga kerja asing yang dapat dikendalikan dan tidak berlebihan.

Pemerintah Malaysia akan lebih selektif dalam mengevaluasi proposal investasi dari perusahaan-perusahaan. Menurutnya, Malaysia masih membutuhkan pekerja asing di perkebunan kelapa sawit, restoran dan pembantu rumah tangga.

Malaysia mengikuti Singapura yang juga berencana mengurangi ketergantungan akan tenaga kerja asing. Singapura memperketat batasan buruh asing dalam 4 tahun terakhir secara berturut-turut.

Ada sekitar 3 juta pekerja asing di Malaysia. Hampir separuh dari mereka adalah ilegal. Pihak oposisi pemerintah juga telah mengusulkan pengurangan jumlah pekerja asing menjadi 1 juta orang. “Malaysia bukanlah tempat bagi industri padat karya yang buruk,” ujar Mustapa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Bloomberg/Achmad Puja R. Altiar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper