Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BISNIS HOTEL : Grand Aston Bangun Hotel Baru di Yogyakarta

SEMARANG –- PT Jonatan Bintang Utama, pemilik Hotel Grand Aston Yogyakarta, berencana untuk memperluas penetrasi bisnis dengan mendirikan hotel baru yang berlokasi di wilayah yang sama dan memiliki 100 kamar.
- Bisnis.com 21 Januari 2013  |  18:15 WIB

SEMARANG –- PT Jonatan Bintang Utama, pemilik Hotel Grand Aston Yogyakarta, berencana untuk memperluas penetrasi bisnis dengan mendirikan hotel baru yang berlokasi di wilayah yang sama dan memiliki 100 kamar.

Nike Aristya Pujiastuti, Public Relation Coordinator Grand Aston Yogyakarta, mengatakan pihak pemilik sudah melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan hotel tersebut. Lokasi lahan tersebut berdekatan dengan Hotel Grand Aston dan untuk sementara digunakan sebagai lahan parkir.

“Lahan tersebut awalnya adalah lahan kosong dan rumah penduduk. Saat ini sudah dibebaskan dan selanjutnya proses perizinan yang mungkin akan menghabiskan waktu 6 bulan,” ujarnya ketika berkunjung ke Kantor Bisnis Perwakilan Semarang, Senin (21/1/2013).

Menurutnya, pembangunan hotel baru tersebut segera akan dimulai paska izin dari regulator turun. “Rencananya akan dibangun hotel dengan kapasitas 100 kamar yang juga dikelola oleh Aston Group,” ujarnya.

Hotel tersebut, lanjutnya, akan memiliki kelas bintang dua atau tiga, di bawah Grand Aston yang merupakan bintang lima. “Bila jadi bintang dua, maka menggunakan nama Fave Hotel, kalau bintang tiga kemungkinan Quest Hotel. Ini sesuai dengan pengelompokan dari Aston Group,” ujarnya.

Nike menambahkan ekspansi hotel tersebut dilakukan pemilik untuk mendukung usaha meeting, incentives, conferencing dan exhibition (MICE) dari Aston Hotel Yogyakarta.

“Guna mendukung MICE kami memerlukan kamar yang lebih banyak. Adapun jumlah kamar Aston Yogyakarta berjumlah 144 kamar,” ujarnya.

Dongkrak okupansi.

Nike menambahkan Grand Aston Yogyakarta akan mendongkrak okupansi selama tahun ini dengan target 88%, dibandingkan dengan tahun lalu 80%.

“Pada 2012 okupansi kami cukup bagus meskipun Grand Aston tergoolong baru. Ibarat bayi kami bisa langsung berjalan tidak harus merangkak,” ujarnya.

Menurutnya target tersebut mengikuti potensi pasar Yogyakarta yangt menjadi sasaran MICE kedua terbesar di Indonesia setelah Bali.

“Karena demand-nya ada, maka kami tidak akan menurunkan harga dan fasilitas. Kami akan tetap memberikan harga dan kualitas hotel bintang lima,” ujarnya.

Meski tidak akan menurunkan tariff, namun Grand Aston Yogyakarta menyiapkan sejumlah promosi pada saat low season. Promosi yang dimaksud adalah early bird booking, pemesanan online dan kerja sama dengan sejumlah merchant.

Grand Aston Yogyakarta diluncurkan pada pertengahan 2011 lalu dan memiliki kelas bintang lima. Grand Aston Yogyakarta merupakan hotel bintang lima pertama milik kelompok usaha perhotelan itu yang ada di Jawa.

Hotel ini berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo yang oleh masyarakat lokal biasa disebut dengan Jalan Solo. Hotel ini menawarkan 141 kamar dan tiga suite room yang bertemakan desain Jawa, Cina dan Barat. (dot)

Caption Foto: Nike Aristya Pujiastuti, Public Relation Coordinator Grand Aston Yogyakarta, ketika berkunjung ke Kantor Redaksi Bisnis Indonesia Perwakilan Jateng-DIY,  Senin. (Bisnis/Endot Brilliantono)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Endot Brilliantono

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top