Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PEMBANGUNAN JEMBATAN: Pemkab Kukar lelang jembatan baru

 
Arma Editor
Arma Editor - Bisnis.com 17 Mei 2012  |  15:23 WIB

 

 

BALIKPAPAN: Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan melakukan pelelangan pembangunan 2 jembatan baru yang menggantikan Jembatan Kutai Kartanegara yang runtuh tahun lalu dengan anggaran masing masing sekitar Rp250 miliar dan Rp450 miliar.

 

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari mengatakan pembangunan jembatan yang baru yang pertama akan dilakukan di lokasi jembatan lama karena menimbang penggunaan pondasi jembatan yang masih bisa dipakai. "Sambil menunggu perebahan phylon jembatan, kami akan lakukan lelang pembangunan jembatan. Targetnya tahun ini sudah mulai ada pekerjaan fisik,” ujarnya, Kamis, 17 Mei 2012.

 

Rita menambahkan pembangunan jembatan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Tenggarong, ibu kota Kabupaten Kukar, untuk menyeberang menuju seberang yang sementara ini dilayani oleh kapal feri. Dia menuturkan pembangunan jembatan akan meningkatkan mobilitas barang dari dan menuju Tenggarong.

 

Pemkab Kukar, imbuh Rita, telah mengucurkan dana Rp75 miliar untuk membiayai pembangunan jembatan tersebut. Nantinya, biaya pembangunan jembatan Rp250 miliar sepenuhnya akan ditanggung oleh anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Kukar.

 

Sementara itu, pembangunan lokasi jembatan ke dua berada di Loa Kulu yang berada 10 kilometer dari lokasi jembatan yang runtuh. Dia mengungkapkan rencana pembangunan itu melalui kajian teknis dan layak untuk dibangun tahun ini. 

 

Perkiraan sementara, pembangunan Jembatan Loa Kulu memerlukan anggaran sekitar Rp450 miliar. Rita mengungkapkan pembangunan itu akan dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum.

 

 "Tahun ini kami mengucurkan dana sekitar Rp25 miliar untuk Loa Kulu untuk membangun jalan pendekatnya. Kalau fisik jembatan rencananya pemerintah pusat seluruhnya yang akan membangun,” tukasnya.

 

Rita menerangkan pembangunan kedua jembatan tersebut tetap akan menggunakan tipe jembatan cable stayed yang sebelumnya ingin diubah. Karena terkendala oleh waktu, pembangunan jembatan tetap dilanjutkan kendati pembangunan sebelumnya yang menggunakan cable stayed runtuh.

 

Terkait pekerjaan perubuhan phylon yang sedang dilakukan saat ini, Rita mengatakan pihak kontraktor pekerjaan sudah mendapatkan rekomendasi dari tim ahli Kementerian Pekerjaan Umum mengenai mekanismenya. “Memang harus pelan-pelan direbahkan seperti bayi tidak langsung sembarangan begitu,” katanya.

 

Tender pekerjaan perebahan phylon jembatan yang dimenangkan oleh PT Hutama Karya  dengan anggaran sekitar Rp14 miliar ditargetkan bisa selesai dalam 90 hari kerja sejak awal Mei ini berikut dengan pembersihan sisa rangka jembatan yang runtuh. Proses perubuhan phylon seberat 1.600 ton tersebut juga tidak boleh merusak pondasi. Nantinya, phylon tersebut akan dipotong dan dijadikan sebagai aset daerah.

 

Secara teknis, pengerjaan perebahan phylon jembatan hanya memakan waktu selama 3 hari. Selama kegiatan tersebut, Sungai Mahakan akan ditutup total selama 24 jam untuk pertimbangan keamanan.(msb)

 

 

 

BACA JUGA:

11:56 - Dolar AS Keok Di Pasar Asia

10:58 - HARGA EMAS Naik 1,93 Sen Dolar/Gram

06:53 - EDITORIAL BISNIS: Kasus Korupsi Jangan Tertutup Karena Musibah Sukhoi

02:25 - GAGALNYA LADY GAGA: Sold Out Dulu Baru Izin…?

01:55 - BLACK BOX SUKHOI: Ini Rute Perjalanan Panjang Kotak Hitam Setelah Ditemukan

01:46 - FINAL LIGA CHAMPIONS: Ujian Terberat DI MATTEO

 

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Rachmad Subiyanto

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top