EKONOMI AS: Belanja konsumen bergairah

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 April 2012  |  23:16 WIB

 

 

WASHINGTON: Peningkatan belanja konsumen terbesar dalam satu tahun bakal dapat membantu ekspansi ekonomi AS pada kuartal I meski harga BBM naik.

 

Produk domestic bruto (PDB)  naik 2,5% setelah meningkat 3% pada periode tiga bulan sebelumnya, menurut rata-rata estimasi 72 ekonom dalam survey Bloomberg News sebelum rilis data Departemen Perdagangan pada 27 April.

 

Pembelian konsumen yang menyumbang sekitar 70% terhadap perekonomian  Negara itu naik ke level tertinggi sejak akhir 2010, menurut hasil survey.

 

Penciptaan lapangan kerja dan musim dingin yang lebih hangat membantu warga AS  dalam menghadapi kenaikan harga gas. Pada saat yang sama,  angka pertumbuhan mungkin tidak cukup meyakinkan para pembuat kebijakan bank sentral (Fed)  untuk mempertahankan suku bunga.

 

“Aktivitas konsumen meningkat kuartal lalu. Penjualan ritel naik yang terjadi setelah tiga bulan sepi,” Christopher Low, chief economist pada FTN Financial di New York.

 

Gubernur Fed Ben S. Bernanke mengatakan ekonomi memerlukan ekspansi yang lebih cepat untuk menekan pengangguran dan membuka lapangan kerja lebih besar.  Anggota Federal Open Market Committee akan bertemu dua hari mulai 24 April. (Bloomberg/tw)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Nadya Kurnia

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top