KANDIDAT CAPRES 2014: Ini dia mereka yang berusia menjelang 70 tahun

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 10 April 2012  |  02:31 WIB

 

JAKARTA: Taufiq Kiemas, Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan, tiba-tiba menyentil sosok kandidat calon presiden yang dianggapnya sudah terlalu tua.

 

Tidak tanggung-tanggung, yang dikritiknya adalah dua petinggi partai politik besar di negeri ini; Ketua Umum Partai Golkar Aburizal ‘Ical’ Bakrie dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang notabene adalah istrinya.

 

“Mereka [Ical dan Megawati] jadi busur saja, tidak usah jadi anak panah,” begitu analogi yang disampaikan oleh TK, begitu nama Ketua MPR itu biasa disingkat.

 

Menurut TK, kedua ketua umum parpol besar itu sudah mendekati usia 70 tahun dan sudah sepantasnya memberikan kesempatan kepada kader partainya yang muda-muda.

 

Sebenarnya suara serupa pernah disampaikan oleh Amien Rais, mantan Ketua MPR yang juga pernah mencalonkan diri menjadi capres pada pemilu 2004-2009.

 

“Kalau yang sudah berusia 60-70 tahun sulit dimunculkan lagi,” kata Amien pada November tahun lalu.

 

Beberapa nama yang beredar sebagai kandidat capres memang sudah memasuki usia menjelang 70 tahun.

 

Mereka antara lain adalah:

 

o. Jusuf Kalla. Nama ini mulai muncul lagi sebagai kandidat capres.  Pada 15 Mei mendatang, usianya pas 70 tahun. Jadia dia akan berusia 72 tahun kalau memang masih berminat menjadi capres pada 2014.

 

o.  Aburizal Bakrie.  Pada pemilihan presiden pada 2014, Ical akan berusia 68 tahun karena dia lahir pada 15 November 1946.

 

o. Megawati Soekarnoputri. Mantan presiden ini hanya berselisih hitungan bulan saja usianya dengan  Ical. Lahir 23 Januari 1947 berarti pada 2014, usianya 67 tahun.

 

o. Wiranto. Partai Hanura yang dibentuk oleh mantan Penglima TNI ini mungkin saja mencalonkan Wiranto sebagai capres pada 2014. Usianya pada saat itu sudah 67 tahun karena dia lahir pada 4 April 1947.

 

o. Djoko Suyanto. Nama Menko Polhukam ini sering disebut-sebut sebagai salah satu kandidat yang mungkin dimajukan oleh Partai Demokrat sebagai capres. Lelaki kelahiran 2 Desember 1950 ini akan berusia 64 tahun pada 2014.

o. Surya Paloh. Ketua Umum Ormas Nasional Demokrat ini kemungkinan besar diusung sebagai capres oleh Partai Nasional Demokrat. Kelahiran 16 Juli 1951 ini akan berusia 63 tahun pada pilpres 2014.

 

o. Prabowo Subianto. Partai Gerindra sepertinya hampir pasti mencalonkan mantan Pangkostrad ini sebagai capres. Lahir pada 17 Oktober 1951, berarti usia Prabowo pada saat pilpres memasuki 63 tahun.

o. Kristiani Herawati Yudhoyono. Ibu Negara yang sering disingkat panggilannya dengan Ani Yudhoyono adalah satu nama yang sering dimunculkan sebagai kandidat capres dari Partai Demokrat. Perempuan kelahiran 6 Juli 1952 ini, akan berusia 62 tahun ketika pilpres di gelar.

 

o. Hatta Rajasa. Kandidat capres dari Partai Amanat Nasional ini lahir pada 18 Desember 1953. Berarti usianya ketika berlagai di pilpres 2014 sudah 61 tahun.

 

BACA JUGA

KETUA KOMISIONER OJK: Muliaman Hadad versus Achjar Iljas

KOALISI PARPOL: SBY tak harus beri pernyataan langsung soal PKS

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sutan Eries Adlin

Editor : Marissa Saraswati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top