Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang Mill kembangkan program pemberdayaan ekonomi perempuan, sebagai  kegiatan CSR perusahaan. Kegiatan tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah dalam pencapaian Millennium Development Goals (MDGs). 
 
Perusahaan yang memiliki pabrik di wilayah Tangerang, Banten, tersebut saat ini tengah menjalankan pembinaan bagi beberapa kelompok perempuan di sekitarnya. Misalnya, satu kelompok perempuan yang dibina menerima pelatihan produksi kerajinan, yang akan dilanjutkan dengan pelatihan pemasaran. 
 
"Kelompok perempuan ini diharapkan dapat membangun usaha kerajinan, yang pemberdayakan ekonomi keluarga dan masyarakat sekitar," kata Hendra Gunawan Hoo, Managing Director Corporate Affairs and Communication Asia Pulp & Paper (APP)-induk perusahaan Indah Kiat-hari ini.
 
Untuk bidang pendidikan, lanjutnya, Indah Kiat memberikan beasiswa kepada para murid di sekitar mill (pabrik), dan telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. 
 
Sementara itu di bidang kesehatan, lanjutnya, pabrik Indah Kiat di Tangerang memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, termasuk layanan bagi balita dan ibu. 
 
Hendra menuturkan pekan ini Menakertrans Muhaimin Iskandar beerkunjung ke pabrik IKPP, dan melihat secara dekat kegiatan keseharian karyawan perusahaan tersebut. 
 
"Menakertrans berharap apa yang telah dicapai dan dilakukan Indah Kiat, dalam memperhatikan kesejahteraan karyawan dan memberdayakan masyarakat sekitar, dapat dipertahankan. Kalau bisa makin ditingkatkan lagi," ujar Hendra.
 
Selain menggerakkan kelompok perempuan, pihaknya selama Ramadhan ini juga memberikan wakaf Alquran ke sejumlah pondok pesantren di Indonesia. Seperti kemarin, memberikan sebanyak 500 Alquran kepada  Ponpes Madinatunnajah, Tangerang.
 
Hendra menuturkan kalau perusahaannya memiliki visi menjadi produsen pulp dan kertas terbaik di dunia. "Kami terus mengembangkan produk baru yang tentunya diharapkan dapat menjadi produk andalan bagi pasar dalam negeri, dan ekspor," ungkapnya.
 
Dia mengatakan IKPP bersama PT Tjiwi Kimia Tbk, PT Lontar Papyrus Tbk, PT Pindo Deli, serta PT Ekamas Fortuna, merupakan gabungan bisnis unit yang memproduksi pulp dan kertas, yang bernaung di bawah brand APP. (sut)  
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Adhitya Noviardi
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper