Insentif Ecocar Penting Untuk Investasi

Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 29 Desember 2010  |  11:32 WIB

JAKARTA: Pemerintah harus segera menetapkan regulasi mobil ramah lingkungan (ecocar) jika ingin menarik lebih banyak investasi untuk industri otomotif.

Presiden Direktur PT Indomobil Sukses Internasional Gunadi Sindhuwinata mengatakan minat perusahaan otomotif dunia untuk masuk ke Indonesia berkaitan erat dengan rencana pemerintah memberikan insentif untuk ecocar.

"Jika regulasinya sudah ada, perusahaan-perusahaan otomotif bisa mempersiapkan diri untuk memperkirakan seberapa besar investasi yang diperlukan," jelasnya.

Selain itu, menurut Gunadi, kebijakan pemerintah yang menghambat pertumbuhan industri otomotif harus diangkat.

"Masalah pajak dan sebagainya harus diperbaiki, kepadatan kendaraan itu bukan karena orang terlalu banyak beli mobil tapi karena infrastruktur dan sarana transportasi (buruk)," katanya.

Gunadi memperkirakan kapasitas produksi mobil dan sepeda motor di Indonesia masih dapat memenuhi permintaan sampai akhir 2011.

"Kapasitas produksi mobil 800.000 sementara pasarnya sudah 730.000, dengan kondisi seperti sekarang persiapan meningkatkan kapasitas baru diperlukan saat itu," ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top