Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perjanjian NAFTA Bakal Ganti Nama, Mata Uang Tiga Negara Menguat

Menurut dua pejabat pemerintahan senior Presiden Donald Trump, perjanjian baru itu akan dinamai Perjanjian AS-Meksiko-Kanada, untuk menggantikan perjanjian NAFTA yang telah berumur 24 tahun.

Bisnis.com, JAKARTA – Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Meksiko dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk memperbarui Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) yang akan mempertahankan blok trilateral bersama dengan Meksiko.

Menurut dua pejabat pemerintahan senior Presiden Donald Trump, perjanjian baru itu akan dinamai Perjanjian AS-Meksiko-Kanada (United States, Mexico, Canada Agreement/USMCA), untuk menggantikan perjanjian NAFTA yang telah berumur 24 tahun.  

Menurut mereka, seperti dilansir Bloomberg, kesepakatan itu mencakup peningkatan akses ke pasar produk susu Kanada bagi para petani AS, ketentuan kekayaan intelektual yang lebih kuat, serta aturan asal yang lebih ketat untuk produksi mobil.

Para perunding AS dan Kanada telah bekerja keras selama akhir pekan ini untuk menjadikan Minggu tengah malam sebagai tenggat waktu yang akan memungkinkan ketiga negara untuk menandatangani kesepakatan itu sebelum Presiden Enrique Pena Nieto turun dari jabatannya pada 30 November.

Bulan lalu, pemerintahan Trump telah menyetujui untuk memperbarui perjanjian dengan Meksiko. Hal ini meningkatkan tekanan pada Kanada untuk membuat konsesi bergabung dengan kesepakatan itu.

Para anggota parlemen dari ketiga negara masih perlu menyetujui perjanjian itu. Kesepakatan baru itu kemungkinan besar belum akan diputuskan oleh Kongres AS hingga 2019.

Partai Demokrat dapat saja mengambil alih kekuasaan dalam Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS dalam pemilu paruh waktu pada November mendatang, sehingga dapat merusak kemampuan Trump untuk memenangkan persetujuan.

Di bawah undang-undang perdagangan AS, pemerintah AS diminta untuk mempublikasikan teks tersebut pada akhir September.

Pembaruan NAFTA sendiri akan menjadi tonggak bagi Trump, yang sebelumnya menyebut perjanjian itu sebagai ‘bencana’ dan bersumpah untuk mengurangi defisit perdagangan AS serta menghidupkan kembali pekerjaan manufaktur.

Trump telah berulang kali mengancam untuk menarik diri dari pakta itu, sebuah skenario yang dikhawatirkan oleh para pemimpin bisnis akan merusak rantai pasokan mereka.

Menyusul kabar tentang tercapainya kesepakatan ini, nilai tukar dolar Kanada terpantau menguat 0,57% dan mata uang peso Meksiko menguat 0,86%. Adapun indeks dolar AS naik 0,06% ke level 95,187 pada pukul 10.43 WIB berdasarkan data Bloomberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper