Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reformasi Sosial Titik Terang Langka Dalam Kegelapan Ekonomi Saudi

Kehidupan baru Nouf al-Anzy menunjukkan bagaimana reformasi sosial Arab Saudi membantu ekonomi yang sedang berjuang. Enam bulan yang lalu dia mendapatkan pekerjaan pertamanya, satu dari puluhan ribu wanita untuk melakukannya ketika pemerintah menangani prasangka terhadap pekerjaan perempuan.
Bioskop di Arab Saudi/Metro.co.uk
Bioskop di Arab Saudi/Metro.co.uk

Bisnis.com, RIYADH - Kehidupan baru Nouf al-Anzy menunjukkan bagaimana reformasi sosial Arab Saudi membantu ekonomi yang sedang berjuang. Enam bulan yang lalu dia mendapatkan pekerjaan pertamanya, satu dari puluhan ribu wanita untuk melakukannya ketika pemerintah menangani prasangka terhadap pekerjaan perempuan.

Lulusan SMA berusia 22 tahun menghasilkan 4.000 riyal (US$1.067) sebulan sebagai kasir supermarket di pusat Riyadh. Keluarganya awalnya keberatan tetapi sekarang menyetujui, dan pendapatan dari pekerjaan telah berubah.

"Saya punya banyak uang setiap bulan dan saya tidak menikah dan tidak punya kewajiban. Saya bisa pergi ke bioskop, berbelanja, makan di luar, dan belajar komputer dan bahasa Inggris untuk meningkatkan diri," katanya. "Saya juga berencana membeli mobil untuk dikendarai."

Pengeluaran konsumen oleh wanita yang baru bekerja seperti al-Anzy membantu mengimbangi hambatan besar pada pertumbuhan dari langkah-langkah untuk meningkatkan keuangan negara dan eksodus pekerja asing.

Sejauh mana ekonomi dapat mengambil alih selama dua tahun berikutnya setelah menyusut tahun lalu untuk pertama kalinya sejak 2009 mungkin sangat bergantung pada seberapa banyak pemberdayaan perempuan dan reformasi sosial lainnya dapat berkontribusi.

Dua tahun setelah meluncurkan program reformasi ekonomi untuk mengurangi ketergantungan pada ekspor minyak, Arab Saudi memiliki sedikit bukti untuk itu. Rencana untuk memacu investasi swasta di industri non-minyak baru, mulai dari pembangunan kapal hingga robotik, baru saja lepas landas, sebagian karena pita merah dan ketidakpastian hukum.

Reformasi Sosial  Titik Terang Langka Dalam Kegelapan Ekonomi Saudi

Pinjaman bank kepada perusahaan swasta telah menyusut dari tahun sebelumnya selama 13 bulan berturut-turut, dibebani oleh pajak dan biaya yang dipungut untuk memotong defisit anggaran negara. Pertumbuhan dalam kegiatan bisnis swasta adalah yang paling lambat sejak Agustus 2009, sebuah survei perusahaan menunjukkan.

Namun,  reformasi sosial yang diperkenalkan oleh Putra Mahkota Muhammad bin Salman di samping langkah-langkah ekonomi sedang berlangsung, dan untuk beberapa tahun ke depan setidaknya, mereka mungkin memiliki lebih banyak dampak positif pada bisnis daripada rencana investasi ambisius Riyadh.

GAMBAR CAMPURAN

Banyak langkah-langkah tersebut memiliki implikasi bisnis.

Rencana untuk visa turis akan meningkatkan sektor rekreasi, mengekang kekuatan polisi agama dapat membantu restoran dengan memungkinkan jenis kelamin untuk berbaur makan di luar dan ekonomi juga bisa mendapat manfaat dari pendidikan dan reformasi pengadilan.

Reformasi Sosial  Titik Terang Langka Dalam Kegelapan Ekonomi Saudi

Wanita Arab Saudi Nouf Khayat, seorang instruktur Zumba/Reuters

Muhammad Alagil, ketua Jarir Marketing, sebuah jaringan ritel terkemuka, mengatakan  peningkatan lapangan kerja wanita merupakan salah satu alasan untuk peningkatan 13,4% dalam penjualan perusahaannya tahun lalu meskipun masa ekonomi sulit.

"Perempuan yang memasuki dunia kerja benar-benar menjadi penarik yang kuat bagi perekonomian," katanya, mencatat  keluarga Saudi yang khas bisa lebih dari dua kali lipat pendapatannya jika istri dan beberapa anak perempuannya yang tidak menikah memilih untuk bekerja.

Mengukur dampak pada ekonomi yang lebih luas tidak mudah: rencana untuk mencabut larangan mengemudi perempuan, yang menurut pemerintah akan terjadi pada akhir Juni, adalah contohnya.

Reformasi Sosial  Titik Terang Langka Dalam Kegelapan Ekonomi Saudi

Wanita Arab Saudi mengemudi/NDTV.com

Dalam jangka panjang, memungkinkan perempuan untuk mengemudi akan memacu industri seperti suku cadang mobil, asuransi mobil dan dengan meningkatkan mobilitas keluarga, bahkan perumahan, Alagil memprediksi.

Dalam jangka waktu yang lebih pendek, pencabutan larangan mengemudi wanita dapat menyebabkan puluhan ribu sopir asing tidak bekerja, mempercepat penurunan pekerja imigran yang telah melukai ekonomi.

MENGUBAH DEMOGRAFI

Bulan lalu, sebuah larangan di bioskop dicabut, bagian dari kampanye untuk mengubah kebiasaan sosial yang konservatif dan mendorong orang-orang Saudi yang mencari hiburan di luar negeri untuk dibelanjakan di rumah.

Multi-miliar dolar, proyek-proyek yang diinvestasikan negara, seperti area taman tema dekat Riyadh dan kompleks resor yang luas di Laut Merah, akan memakan waktu bertahun-tahun untuk berkembang dan memiliki prospek komersial yang tidak pasti.

Namun, sebuah perusahaan yang didukung negara juga menciptakan infrastruktur untuk distrik hiburan di lebih dari selusin kota-kota Saudi, untuk rumah bisnis swasta yang lebih kecil yang dapat didirikan dengan cepat.

Ini mungkin termasuk sejumlah layar bioskop, tempat pertunjukan umum, restoran dan ruang ritel, menjadi pusat kegiatan ekonomi baru di wilayah metropolitan.

Mazen al-Sudairi, kepala penelitian di Al Rajhi Capital, memperkirakan pengeluaran untuk hiburan - rekreasi, budaya, restoran dan hotel - sebesar 8%  dari pengeluaran rumah tangga. Itu setara dengan US$20 miliar per tahun, tanda potensinya.

Penimbangan terhadap peningkatan pendapatan dari hiburan adalah keberangkatan banyak pekerja asing karena kemerosotan ekonomi, kenaikan biaya untuk izin kerja dan perintah pemerintah kepada perusahaan untuk tidak mempekerjakan mereka.

Jumlah orang asing yang bekerja di Arab Saudi menyusut lebih dari 466.000 dari tahun sebelumnya menjadi 10,42 juta pada  2017; lebih dari setengah dari penurunan itu terjadi pada kuartal keempat.

Sementara itu, jumlah orang Saudi yang bekerja meningkat sekitar 102.000 hingga 3,16 juta tahun lalu; sekitar dua pertiga dari kenaikan terjadi di antara wanita, yang menambahkan 64.000 pekerjaan menjadi 1,08 juta.

Pengusaha mengeluh sering sulit, dan lebih mahal, untuk menemukan orang-orang Saudi yang terlatih yang dapat menggantikan pekerja asing yang berangkat, bahkan di daerah-daerah seperti perdagangan restoran.

Pemisahan gender secara adat di sebagian besar tempat kerja masih membatasi cara-cara di mana perempuan dapat dipekerjakan, dan pemerintah belum berkomitmen untuk mengakhiri praktik tersebut, meskipun menjanjikan "norma sosial santai" di beberapa zona ekonomi barunya.

Namun demikian, sumber daya negara dibajak untuk membuat perempuan bekerja, termasuk 9.000 riyal per tahun bantuan perawatan anak dan 800 tunjangan transportasi per bulan.

Khalid Alkhudair, direktur pelaksana Glowork, agen perekrutan perempuan di Riyadh, mengatakan daftar resmi pekerjaan perempuan sebagai tujuan reformasi sosial pemerintah berarti perusahaan tidak bisa lagi mengabaikannya.

“Sekarang setiap perusahaan besar diberi insentif untuk mempertimbangkan masalah dan membuat rencana. Organisasi memiliki jalan yang ditata untuk mereka. "

Demografi mendukung kecenderungan itu, tambahnya. Tingkat partisipasi perempuan dalam ekonomi sekarang sekitar 19%; menggandakan rasio itu akan membuat sejuta lebih banyak wanita bekerja, sementara meninggalkan Arab Saudi masih  di bawah  55% yang terlihat di banyak negara Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper