Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Nasir Sarankan Perguruan Tinggi Swasta Bergabung

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengimbau pengurus yayasan yang memiliki perguruan tinggi swasta lebih dari satu dan mengalami kesulitan meningkatkan akreditasi agar segera bergabung.
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mendengarkan pertanyaan saat rapat kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta, Senin (10/7)./JIBI-Dedi Gunawan
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mendengarkan pertanyaan saat rapat kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta, Senin (10/7)./JIBI-Dedi Gunawan

Kabar24.com, PALEMBANG - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengimbau pengurus yayasan yang memiliki perguruan tinggi swasta lebih dari satu dan mengalami kesulitan meningkatkan akreditasi agar segera bergabung.

Perguruan tinggi swasta (PTS) yang telah beberapa kali mengupayakan peningkatan akreditasi C ke B, namun tidak juga memenuhi persyaratan sebaiknya bergabung dengan PTS lain terutama dari satu yayasan sehingga bisa lebih baik, kata Menristekdikti pada pembukaan Rapat Kerja Pimpinan PTS se-Kopertis Wilayah II Sumbagsel dan sosialisasi Asian Games 2018 di Griya Agung Palembang, Jumat (6/4/2018) malam.

Menurut dia, berdasarkan fakta penggabungan PTS di berbagai daerah cukup efektif untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan itu dan bisa dengan mudah memenuhi persyaratan untuk mengajukan ulang peningkatan akreditasi.

"Saya sangat prihatin melihat masih banyaknya PTS yang akreditasinya C, untuk mempercepat peningkatan kualitas lembaga pendidikan tinggi di negara ini akan dilakukan pendampingan oleh tenaga ahli dari Kemenristekdikti," ujarnya.

Dia menjelaskan, PTS yang sulit meningkatkan akreditasi jangan memaksakan diri untuk bertahan dengan kondisi tersebut, pengelola yayasannya harus segera mencarikan solusi yang terbaik dan menentukan sikap menggabungkan beberapa lembaga pendidikan yang dimiliki atau bergabung dengan lembaga pendidikan milik yayasan lain yang bisa diajak kerja sama memperbaiki kualitas akreditasi.

Sedangkan, PTS yang memiliki kemampuan memperbaiki akreditasinya dari C ke B bahkan yang telah terakteditasi B oleh BAN-PT akan dibantu melakukan peningkatan akreditasi ke tingkat yang lebih tinggi.

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II Sumbagsel Slamet Widodo menyatakan hingga 2018 ini masih banyak perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung yang nilai akreditasinya cukup (C).

"Sekarang sekitar 40 persen PTS di wilayah kerjanya memiliki akreditasi dengan nilai C. Kondisi tersebut cukup memprihatinkan dan perlu dilakukan berbagai upaya peningkatannya," ujar Slamet.

Untuk meningkatkan akreditasi minimal nilainya baik (B), pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap PTS dan mendorong melakukan akreditasi ulang (reakreditasi) bahkan bila perlu didorong untuk merjer jika tidak memungkinkan bisa ditingkatkan lagi kualitas dan fasilitas pendukungnya.

Selain berupaya mendorong perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya meningkatkan akreditasi program studi, pihaknya juga berupaya mendorong mengajukan akreditasi institusi.

“Akreditasi institusi penting dimiliki oleh PTS karena sebagai petunjuk lembaga pendidikan memiliki fasilitas pendukung proses belajar mengajar dan sumber daya manusia yang memadai,” tambah Slamet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper