130 Pejabat Trump Tak Miliki Akses Pengamanan Permanen, Termasuk Ivanka Trump dan Suami

Lebih dari 130 orang yang ditunjuk secara politis bekerja di Kantor Eksekutif Presiden Amerika Serikat (AS) tidak memiliki akses pengamanan permanen per November 2017.
Renat Sofie Andriani | 16 Februari 2018 09:02 WIB
Ivanka Trump - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Lebih dari 130 orang yang ditunjuk secara politis bekerja di Kantor Eksekutif Presiden Amerika Serikat (AS) tidak memiliki akses pengamanan permanen per November 2017.

Hal ini dilaporkan oleh NBC News, mengutip informasi dari dokumen-dokumen internal Gedung Putih yang diperoleh jaringan berita tersebut.

Para political appointees, merujuk pada pejabat yang ditunjuk oleh Presiden, Wakil Presiden, atau pemimpin badan, yang tidak memiliki akses pengamanan permanen termasuk putri Trump sendiri, Ivanka, yang bertindak sebagai penasihat senior.

Tak hanya Ivanka, menantu Trump yang juga ditunjuk sebagai penasihat seniornya tidak memiliki akses pengamanan permanen.

Sementara itu, sebanyak 47 di antara pejabat yang bekerja dengan akses sementara berada dalam posisi memberi laporan langsung kepada Presiden Trump, NBC News menambahkan, seperti dikutip CNBC.

Pihak Gedung Putih sendiri tidak bersedia mengomentari masalah tersebut.

Namun menurut sejumlah pakar hukum, belum diberikannya akses pengamanan permanen tidak berarti ada masalah dengan latar belakang individu terkait.

NBC juga melaporkan masih tidak jelas apakah status akses sejumlah pejabat telah berubah sejak dokumen-dokumen tersebut berlaku.

Tag : Donald Trump
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top