Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekonstruksi Lapas Banda Aceh Memerlukan Rp2,5 Miliar

Akibat pembakaran oleh oknum warga binaan pemasyarakatan, pemulihan kembali bangunanLembaga Permasyarakatan Banda Aceh setidaknya memerlukan dana Rp2,5 miliar.
Ilustrasi/Jibiphoto
Ilustrasi/Jibiphoto

Kabar24.com, JAKARTA—Akibat pembakaran oleh oknum warga binaan pemasyarakatan, pemulihan kembali bangunanLembaga Permasyarakatan Banda Aceh setidaknya memerlukan dana Rp2,5 miliar.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ses Ditjen PAS) Sri Puguh Budi mengatakan dana sebesar Rp2,5 miliar akan dialokasikan untuk memulihkan kondisi fisik Lapas Banda Aceh. Sasaran utama pembakaran oleh para WBP saat kejadian adalah ruang dan server milik Lapas Banda Aceh.

“Kami segera membentuk tim khusus untuk merehabilitasi Lapas Banda Aceh," tuturnya dalam keterangan resmi, Minggu (7/1/18).

Saat ini, menurutnya, kondisi server sudah diperbaiki, menyusul perbaikan dan pembangunan beberapa sarana lainnya, termasuk blok-blok hunian yang juga dalam kondisi mengkhawatirkan.

Dalam kunjungan kerjanya, Sekretaris Ditjen PAS datang bersama Kakanwil Kemenkumham Aceh dan Kadivpas saat melakukan peninjauan ke Lapas Banda Aceh.

Selain merencanakan pemulihan fisik bangunan, penambahan beberapa fasilitas lainnya yang menjadi prioritas.

“Semisal, matras untuk tempat tidur para WBP, alat komunikasi HT, borgol, senjata pendek, dan bubuk merica sebagai kelengkapan pengamanan di dalam Lapas,” tuturnya.

Ditjen PAS juga memantau adanya dugaan keterlibatan petugas Lapas pada insiden kerusuhan tersebut.

Hal itu juga menjadi catatan utama rekonstruksi total di Lapas Banda Aceh.

"Penegakkan integritas petugas pemasyarakatan harus lebih ditingkatkan. Penguatan kapisitas pegawai secara rutin dan terus menerus, mulai dari pimpinan hingga level terbawah," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper