Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Tingkatkan Patroli di Dekat Taiwan

Angkatan Udara China meningkatkan frekuensi patroli pengepungan pulau di dekat Taiwan setelah seorang diplomat senior China mengancam bahwa negeri tirai bambu tersebut akan menginvasi wilayah Taiwan jika kapal perang Amerika melakukan kunjugan ke negara tersebut.
Pasukan paramiliter China/Reuters
Pasukan paramiliter China/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Angkatan Udara China meningkatkan frekuensi patroli pengepungan pulau di dekat Taiwan setelah seorang diplomat senior China mengancam bahwa negeri tirai bambu tersebut akan menginvasi wilayah Taiwan jika kapal perang Amerika melakukan kunjugan ke negara tersebut.

China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang tengah membangkan dan tidak segan mengerahkan kekuatan untuk membuat Taiwan kembali berada di bawah kuasanya.

Juru Bicara Angkatan Udara China Shen Jinke seperti dilansir Reuters, Selasa (12/12/2017) mengatakan sejumlah jet tempur, pengebom dan pesawat pengintai melakukan patroli laut rutin dan terencana pada Senin (11/12/2017) guna menjaga kedaulatan dan dan integritas teritorial nasional.

Pesawat pengebom H-6K, peswat tempur Su-30 dan J-11 terbang mengitari Selat Miyako di sebelah selatan Jepang dan Saluran Bashi antara Taiwan dan Filipina untuk melakukan uji coba kemampuan tempur sesungguhnya.

Menteri Pertahanan Taiwan Feng Shih-kuan mengatakan merela telah mengerahkan pesawat dan kapal untuk memonitor aktivitas militer China.

China sendiri telah beberapa kali melakukan patroli serupa dekat Taiwan tahun ini.  China berulamg kali menyebut Taiwan merupakan isu paling sensitif dan penting antara negara tersebut dengan Amerika Serikat.

Taiwan sendiri memiliki peralatan militer lengkap yang kebanyakan berasal dari Amerika. Namun, belakangan Taiwan mendesak agar Amerika menjual senjata dengan teknologi lebih canggih demi bisa mengimbangi China.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper