Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kata Anang Peringatan Hari Museum Indonesia Terasa Hambar

Peringatan Hari Nasional Museum Indonesia 12 Oktober 2017, menurut Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah, terasa hambar.
Museum Nasional Indonesia/Wikipedia
Museum Nasional Indonesia/Wikipedia

Kabar24.com, JAKARTA -  Peringatan Hari Nasional Museum Indonesia 12 Oktober 2017, menurut Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah, terasa hambar. Alasannya, pemerintah belum tampak serius dalam menggarap museum.

Padahal, kata Anang, jika digarap serius, museum dapat menjadi sumber pendapatan bagi negara. "Peringatan Hari Museum terasa hambar, publik tidak banyak yang tahu. Padahal, jika mau digarap serius, ada potensi yang luar biasa dari sektor museum di Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Jumat (13/10/2017).

Anang menuturkan ketidakpedulian pemerintah hampir merata dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat. Museum hanya menjadi objek pelengkap, tidak dijadikan prioritas program kerja pemerintah.

"Museum hanya dijadikan pelengkap saja, asal ada. Soal dikelola dengan baik dan profesional itu nomor sekian," ujarnya.

Semestinya, kata musisi asal Jember ini, dengan keberadaan UU 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan terdapat cara pandang baru dalam melihat museum dan cagar budaya, termasuk budaya secara keseluruhan.

"Mestinya momentum peringatan hari museum Indonesia tahun ini menjadi titik pijak bagi pemerintah pusat dan daerah untuk mengurus cagar budaya. Konstitusi dan UU mengamanatkan hal tersebut," tegas Anang.

Menurut dia, hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki cagar budaya yang dapat memberi manfaat yang besar baik dari sisi edukasi termasuk pendapatan bagi daerah atau pemerintah. Namun, kata Anang, pemerintah masih rendah perspektif budaya dalam mengelola pemerintahan. "Budaya belum menjadi perspektif dalam mengelola pemerintah, baik di pusat maupun di daerah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper