Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transfer Dana Desa ke Daerah Dibenahi

Pemerintah terus membenahi pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) supaya semakin efektif pemanfaatannya.
Dana desa/Ilustrasi
Dana desa/Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah terus membenahi pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) supaya semakin efektif pemanfaatannya.

Mereka ingin memastikan TKDD dikelola untuk meningkatkan kualitas layanan publik di daerah, pengentasan kemiskinan; dan pengurangan ketimpangan antar daerah.

"Dengan pengelolaan TKDD yang semakin baik kesejahteraan masyarakat akan meningkat, sebagaimana diindikasikan oleh menurunnya persentase dan jumlah penduduk miskin," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum lama ini.

Dia menjelaskan rasio gini di pedesaan dari 0,34 pada tahun 2014 menjadi 0,32 pada tahun 2016. Penurunan rasio tersebut menunjukkan kesejahteraan yang semakin merata.

Soal dana desa, dalam RAPBN tahun 2018 alokasi dana desa direncanakan senilai Rp60,0 triliun. Pemerintah akan mengoptimalkan pengelolaan Dana Desa .melalui kebijakan pengalokasian, penyaluran, prioritas penggunaan, pengawalan dan pendampingan, serta pengawasan.

Penyaluran Dana Desa dilakukan berdasarkan pada kinerja pelaksanaan, yaitu memerhatikan kinerja penyerapan anggaran dan capaian output, serta mendekatkan pelayanan melalui pengalihan penyaluran kepada KPPN di daerah.

Penyaluran berbasis kinerja pelaksanaan ini akan memotivasi Desa untuk melaksanakan kegiatan dan menyerap anggaran lebih optimal dan lebih baik, sehingga dampak dari pemanfaatan Dana Desa dapat segera dirasakan oleh masyarakat desa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper