Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kereta Khusus yang Dipakai Jokowi ke Sukabumi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Kamis 31 Agustus 2017 melakukan kunjungan kenegaraan ke wilayah Sukabumi, Jawa Barat dengan kereta api khusus dari Stasiun Gambir, Jakarta.
Kereta api wisata menawarkan pelayanan premium/Jibiphoto
Kereta api wisata menawarkan pelayanan premium/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Kamis 31 Agustus 2017 melakukan kunjungan kenegaraan ke wilayah Sukabumi, Jawa Barat dengan kereta api khusus dari Stasiun Gambir, Jakarta.

Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Suprapto mengatakan, rangkaian kereta api khusus yang digunakan oleh rombongan presiden ke Sukabumi tersebut terdiri dari 2 lokomotif.

Kemudian, 1 kereta pembangkit listrik, 1 kereta makan, 2 kereta jenis eksekutif dengan kapasitas hingga 50 tempat duduk per kereta, 2 kereta khusus pariwisata dengan nama Kereta Jawa dan Kereta Bali.

Kapasitas 2 kereta khusus pariwisata tersebut, lanjutnya, hingga 20 tempat duduk per kereta. “Total daya kapasitas rangkaian kereta api khusus ini bisa mengangkut 140 penumpang,” kata Suprapto, Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Dia menjelaskan, kereta api khusus tersebut memerlukan waktu tempuh hingga 182 menit untuk sampai di Stasiun Sukabumi, Jawa Barat dari Stasiun Gambir, Jakarta. Adapun panjang jalur dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Sukabumi mencapai 106,393 kilometer.

Untuk diketahui, pada hari sebelumnya atau pada Rabu (30/8/2017), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan jalur kereta api dari Stasiun Gambir hingga Sukabumi dengan menggunakan kereta inspeksi sebelum presiden melakukan perjalanan ke Sukabumi hari ini, Kamis (31/8/2017)

Dalam peninjauannya, Budi menuturkan, pihaknya akan mendorong masyarakat dan angkutan logistik pada rute Bogor-Sukabumi menggunakan moda transportasi kereta api mengingat kondisi jalan raya yang sudah sangat padat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper