Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Baru, Ketua DPRD Padang Dijabat Perempuan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang resmi memiliki ketua baru, dan untuk pertama kalinya, ketua DPRD Padang dijabat seorang perempuan.
Elly Thrisyanti, Ketua DPRD Padang
Elly Thrisyanti, Ketua DPRD Padang

Bisnis.com, PADANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang resmi memiliki ketua baru, dan untuk pertama kalinya, dijabat seorang perempuan.

Adalah Elly Thrisyanti, Mantan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Padang resmi diangkat sebagai ketua DPRD Padang periode 2014-2019 menggantikan Erisman yang dicopot dari jabatan ketua.

Pengangkatan Elly dilakukan melalui paripurna istimewa DPRD Padang, mengacu surat Keputusan Gubernur Sumbar No. 171-578-2017 tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan pimpinan DPRD Padang sisa jabatan 2014-2019, yakni dari Erisman selaku ketua DPRD sebelumnya ke Elly Thrisyanti selaku penerima jabatan.

Elly berjanji akan membuka kembali program-program yang berpihak pada rakyat, namun belum tuntas dilaksanakan. Sekaligus, mendorong anggota dewan bekerja sesuai tupoksi masing-masing.

“Jabatan ini adalah amanah yang harus dijalankan sebaik – baiknya untuk menampung aspirasi masyarakat, terutama untuk mendorong pembangunan Kota Padang supaya lebih baik lagi ke depannya,” ujar Elly, usai pengambilan sumbar di Gedung DPRD Padang, Senin (10/7/2017).

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra mengatakan, penggantian ketua DPRD Padang merupakan penyegaran di tubuh lembaga legislatif tersebut.

“Hal ini [penggantian ketua] biasa dalam sistem pemerintahan. Butuh penyegaran untuk meningkatkan kinerja dan menampung aspirasi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, pergantian ketua tersebut sudah sesuai aturan. Dia menjamin tidak ada hal lain di balik penggantian jabatan Ketua DPRD Padang. Lembaga, katanya, hanya meneruskan permintaan dari Partai Gerindra yang ingin mengganti ketua dari Erisman ke Elly Thrisyanti.

Adapun, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan sejauh ini komunikasi antara eksekutif dan legislatif sudah berjalan baik. Terbukti dengan tidak adanya kendala program yang akan dijalankan.

“Sudah sangat baik, harapan kami ke depan hubungan antara eksekutif dengan legislatif lebih harmonis, sehingga tidak ada program kerja yang terbengkalai,” katanya.

Dia juga mengapresiasi terpilihnya Elly sebagai sejarah baru di DPRD Padang. Karena selama ini, ketua DPRD Padang belum pernah dijabat seorang perempuan.

“Ini juga sejarah baru bahwa pimpinan sekarang adalah srikandi, perempuan. Semoga makin membawa kesejukan ke depannya,” kata Mahyeldi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper