Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

QATAR KRISIS DIPLOMATIK : Iran Kirim 5 Pesawat untuk Angkut Sayur

Iran mengirim lima pesawat untuk mengangkut sayur-sayuran ke Qatar, menurut keterangan maskapai penerbangan nasional negara tersebut, Minggu (11/6/2017), beberapa hari setelah negara-negara Teluk memblokade transportasi udara, laut dan darat dengan Doha.
Maskapai Penerbangan Qatar/Reuters
Maskapai Penerbangan Qatar/Reuters

Kabar24.com, TAHERAN -- Iran mengirim lima pesawat untuk mengangkut sayur-sayuran ke Qatar, menurut keterangan maskapai penerbangan nasional negara tersebut, Minggu (11/6/2017), beberapa hari setelah negara-negara Teluk memblokade transportasi udara, laut dan darat dengan Doha.

"Sejauh ini lima pesawat pembawa… sayur-sayuran sudah dikirim ke Qatar, masing-masing mengangkut sekitar 90 ton kargo, sementara satu pesawat lain akan dikirim hari ini," ujar juru bicara Iran Air Shahrokh Noushabadi kepada AFP.

"Kami akan terus melakukan pengiriman selama ada permintaan," dari Qatar, ujar Noushabadi.

Tiga kapal pengangkut 350 ton buah-buahan dan sayur-sayuran juga dijadwalkan berlayar dari pelabuhan Iran menuju Qatar, menurut laporan kantor berita Tasnim.

Pelabuhan Dayyer di Iran merupakan pelabuhan terdekat dengan Qatar.

Dalam krisis diplomatik terparah dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Mesir dan Yaman pada Senin pekan lalu memutus hubungan diplomatik dengan Qatar dengan dalih Doha mendukung ekstremisme.

Iran telah mendesak Qatar dan negara-negara Teluk untuk berdialog menyelesaikan perselisihan tersebut.

Republik Islam tersebut juga telah membuka wilayah udaranya hingga sekitar 100 penerbangan Qatar per hari, setelah Arab Saudi, Bahrain dan Uni Emirat Arab melarang pesawat Qatar beraktivitas di wilayah udara mereka.

Penerbangan baru tersebut telah meningkatkan lalu lintas udara Iran sebesar 17 persen, menurut kantor berita resmi negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper