Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wanita Asal China Ini Berpotensi Dihukum 150 Tahun di AS

Seorang wanita penduduk California berpotensi dijatuhi hukuman penjara selama 150 tahun setelah ditangkap pada Selasa, (23/5/2017).
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA- Seorang wanita penduduk California berpotensi dijatuhi hukuman penjara selama 150 tahun setelah ditangkap pada Selasa, (23/5/2017).

Ia dituduh melakukan konspirasi pengadaan dan ekspor ilegal teknologi komunikasi ruang angkasa penting ke negara asalnya, China

Hal ini disampaikan oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat.

Wanita bernama Si Chen, 32, atau yang lebih dikenal sebagai Cathy Chen tersebut berpotensi dijatuhi hukuman penjara selama 150 tahun jika terbukti bersalah atas semua tuduhan yang diajukan juri federal pada 27 April lalu.

Chen yang merupakan penduduk Pomona, sebuah wilayah di pinggiran Los Angelea dituduh melanggar Undang-Undang Kekuasaan Ekonomi Darurat Internasional yang mengatur ekspor barang-barang dan teknologi tertentu dari Amerika.

Secara khusus, dakwaan tersebut menuduh Chen membeli dan menyelundupkan materi sensitif termasuk komponen yang biasanya digunakan dalam komunikasi militer ke China tanpa izin ekspor memadai.

Dia juga dituduh menyelundupkan perangkat yang biasanya digunakan dalam aplikasi komunikasi ruang angkasa dan memalsukan dokumen yang dibutuhkan untuk mengirimkan sejumlah benda tersebut dengan mencantumkan harga sebesar US$500 sementara harga aslinya lebih dari US$100.000.

Selain pelanggaran terkait ekspor, Chen juga dituduh melakukan konspirasi, pencucian uang, pernyataan palsu dalam pengajuan dokumen keimigrasian dan penggunaan paspor palsu.

"Hukum ekspor federal dirancang untuk melindungi kepentingan Amerika dengan mencegah proliferasi teknologi yang mungkin jatuh ke tangan yang salah," kata pelaksana tugas Jaksa Sandra Brown seperti dikutip dari Reuters, Rabu (12/5/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper