Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinergi Perguruan Tinggi: Organisasi Alumni Diminta Ambil Peran

Organisasi alumni perguruan tinggi diminta dapat mengambil peran untuk memperkuat posisi almamaternya dalam mendukung sinergitas antara perguruan tinggi, pemerintah, dan industri (triple helix).
Perguruan tinggi negeri Universitas Gadjah Mada/Ilustrasi
Perguruan tinggi negeri Universitas Gadjah Mada/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Organisasi alumni perguruan tinggi diminta dapat mengambil peran untuk memperkuat posisi almamaternya dalam mendukung sinergitas antara perguruan tinggi, pemerintah, dan industri (triple helix).

“Dengan segala kemampuannya sebagai pusat ilmu pengetahuan dan teknologi, perguruan tinggi mesti bersinergi dengan pemerintah dan industri. Sehingga, mampu menghasilkan inovasi baru dan menciptakan strategi pembangunan untuk menjawab tantangan di berbagai bidang,” kata Dodi Ambardi, Ketua Departemen Ilmu Komunikasi, Fisipol UGM, dalam keterangan resmi yang Bisnis.com terima, Rabu (10/5/2017).

Menurut Dodi, sebagai salah satu elemen dari perguruan tinggi, organisasi alumni menempati posisi strategis. Utamanya, terkait dengan jaringan yang luas dan kuat di pemerintahan maupun industri.

Dia memberi contoh, alumni Komunikasi UGM saat ini banyak yang menempati posisi penting di pemerintahan maupun industri. ”Dengan akses dan kemampuan profesional yang dimiliki, mereka tentu dapat memberikan kontribusi kepada kampus, semisal dengan berbagi (sharing) atau transfer pengetahuan kepada dosen maupun mahasiswa,” ujarnya.

Dodi menyampaikan hal itu usai bertemu dengan panitia kongres dan temu alumni Publikom Gama (Paguyuban Alumni Ilmu Komunikasi UGM) yang akan digelar pada 12—13 Mei ini di kampus Fisipol UGM.

Sebagai organisasi yang mewadahi lebih dari 2.000 alumnus, Publikom Gama resminya baru akan dideklarasikan dalam kongres yang dihelat pada Jumat (12/5/2017).

”Sesuai semangat pendiriannya, Publikom Gama dirancang menjadi organisasi nirlaba dan non-partisan. Seluruh potensi alumni akan diberdayakan maksimal untuk memfasilitasi dan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di Departemen Ilmu Komunikasi UGM,” kata ketua panitia Nanang Junaedi.

Terkait dukungan terhadap almamater dalam model triple helix, Publikom Gama nantinya akan memosisikan diri sebagai kolaborator agar kontribusi alumni terkelola dengan baik.

Dodi Ambardi menambahkan, akses terhadap dunia kerja bagi lulusan komunikasi kini menjadi isu yang paling menguras keingintahuan mahasiswa. Hal ini tidak terlepas dari semakin ketatnya kompetisi di dunia kerja seiring dengan dinamika di dunia komunikasi di era digital.

”Organisasi alumni, lagi-lagi, dapat mengambil peran dengan menjembatani mahasiswa untuk mendapatkan akses maksimal ke dunia kerja,” jelas Dodi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper