Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemetaan Redistribusi PNS Rampung Pekan Depan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menargetkan pemetaan redistribusi PNS akan selesai paling cepat pada bulan depan.
Pegawai Negeri Sipil/Antara
Pegawai Negeri Sipil/Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menargetkan pemetaan redistribusi PNS akan selesai paling cepat pada bulan depan.

Setelah pemetaan atau mapping selesai, Asman mengatajan redistribusi PNS ke wilayah yang belanja pegawainya masih rendah bisa langsung dimulai.

“Saya targetkan bulan depan mapping selesai, paling lama pertengahan Maret karena ada 500 kabupaten lebih yang kita sedang lakukan mapping,” katanya, di Kantor Wakil Presiden, Kamis (26/1/2017).

Fokus redistribusi akan dilakukan pada daerah dengan belanja pegawai diatas 60%, dengan harapan belanja pegawai kabupaten/kota dapat turun dibawah 50%.

“Kalau sudah di bawah 50% baru kita benahi, apakah mulai kita kirim tenaga ahli seperti tamatan IPDN, tamatan sekolah tinggi kedinasan sehingga nanti pembibitan pegawai pelan pelan kita perbaiki dari latar belakang pendidikannya,” ujarnya.

Asman menyatakan terdapat ratusan kabupaten/kota yang belanja pegawainya diatas 60% saat ini. Salah satunya, dia mencontohkan satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang belanja pegawainya berada diatas angka 70%.

Adapun, dia menegaskan bahwa redistribusi PNS bukan bersifat mutasi secara besar-besaran.

“Bukan. ini kan tergantung persetujuan pemda satu dengan yang lain. Kan ada yang kurang ada yang lebih. Jadi yang kurang jangan buka [penerimaan] dulu, ambil dari daerah yang berlebih ini sehingga ada keseimbangan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper