Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah 3 Teknik Menghafal Al Quran

Said Aqil Husin al-Munawar, mantan Menteri Agama dalam kabinet Presiden Megawati Soekarno Putri, membeberkan rahasia agar mudah menghafal Al Quran seperti dirinya.
Anak-anak membaca Al Quran. /Antara
Anak-anak membaca Al Quran. /Antara

Bisnis.com, TANGSEL- Said Aqil Husin al-Munawar, mantan Menteri Agama dalam kabinet Presiden Megawati Soekarno Putri, membeberkan rahasia agar mudah menghafal Al Quran seperti dirinya.

Menurutnya ada tiga teknik yang dilakukan agar hafalan Al Quran dapat melekat kuat dalam ingatan yaitu Pertama menghindari lupa yang tidak disengaja, dan selalu berdoa agar diingatkan ketika mengalami lupa yang tidak disengaja.

Selanjutnya, teknik Kedua adalah jika penghafal mengalami keragu-raguan saat mengulang hafalan, terlebih lagi ketika sampai pada ayat mutasyabihat, jangan buru-buru membuka Al-Quran.

Baca ulang lagi dan betul-betul mencoba mengingat, bahkan sampai kepala terasa pusing. Nanti, sesudah tidak bisa usaha lagi, barulah buka Kitab Suci itu. Insyaallah seumur hidup tidak akan lupa lagi bacaan tersebut.

Dia melanjutkan teknik Ketiga yakni mengulang-ulang hafalan, karena setiap orang kemampuan menghafalnya berbeda-beda, seperti dikatakan Imam al-Faraghi bahwa Allah SWT memberikan porsi akal yang sama kepada setiap manusia, tinggal bagaimana yang punya akal itu mengasah.

Selain itu, waktu menghafal yang ideal bagi setiap orang juga berbeda-beda, sehingga harus disesuaikan dengan waktu yang dianggap paling ideal dan pas, misalnya sebelum tidur mengulang hafalan beberapa kali dan besoknya lagi.

“Ada yang  tidak kalah penting dari teknik itu, jangan pernah meninggalkan Al-Quran di manapun dan kapanpun. Diibaratkan Al-Quran itu seperti teman akrab, yang jika ditinggalkan akan marah,” katanya, Kamis (20/10/2016).

Aqil, penghafal Al Quran lulusan S3 Fakultas Syariah Unversitas Ummu al-Quro Makah Saudi Arabia pada 1987, menyampaikan hal itu dalam seminar yang dihelat Himpunan Qori dan Qoriah Mahasiswa (Hiqma) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper