Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran Hari Kedua, Jokowi Nostalgia di Kragan

Presiden Joko Widodo memanfaatkan hari kedua Lebaran tahun ini untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dan keluarga besar di tempat kelahiran ayahnya di Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Presiden Joko Widodo (kiri) membagikan santunan kepada warga kurang mampu di Sempu, Cipare, Serang, Banten, Kamis (30/6/2016)./Antara
Presiden Joko Widodo (kiri) membagikan santunan kepada warga kurang mampu di Sempu, Cipare, Serang, Banten, Kamis (30/6/2016)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memanfaatkan hari kedua Lebaran tahun ini untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dan keluarga besar di tempat kelahiran ayahnya di Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Desa ini merupakan tempat tinggal almarhum kakek Joko Widodo, Wiro Miharjo. Di tempat inilah Presiden menghabiskan masa kecilnya.
 
Usai pertemuan dengan keluarga dan kerabat, Presiden Joko Widodo beramah-tamah dengan masyarakat sekaligus membagikan paket bahan pokok yang telah disiapkan.

Pembagian paket bahan pokok bagi keluarga kurang mampu tersebut dilakukan di depan kediaman Presiden Jokowi dan keluarga besar yang berseberangan dengan Kantor Kepala Desa Kragan. Sekitar 1.000 paket bahan pokok telah disiapkan untuk dibagikan kepada warga sekitar.
 
Warga sekitar sangat antusias begitu mengetahui dapat bertemu secara langsung dengan Presiden. Bahkan, sejumlah warga di sana sudah berkumpul sejak pagi untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo.

Suasana berlangsung riuh ketika Presiden Joko Widodo tiba di lokasi pertemuan dengan didampingi oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono sekitar pukul 10.25 WIB.
 
Dalam sambutan singkatnya, Presiden seakan bernostalgia dengan kenangan masa kecilnya. Beliau mengaku merindukan suasana di tempat dirinya menghabiskan masa kecilnya.
 
"Saya hadir di sini, yang pertama kangen, kangen, kangen. Karena waktu kecil saya sewaktu TK, SD, SMP itu hampir setiap dua atau seminggu sekali pasti datang ke sini," kata Presiden seperti dikutip dari rilis resmi Biro Pers Istana Kepresidenan, Kamis (7/7/2016).
 
Jokowi, sapaan akrab Presiden Joko Widodo, kemudian mengingat-ingat kembali bagaimana dahulu menuju desa tersebut dari Solo.

Da terlebih dahulu harus menyeberangi sungai dengan perahu untuk mencapai desa itu. Sampai saat ini pun, warga di desa masih harus mengandalkan perahu tersebut.
 
"Nanti diusulkan ke Pak Bupati bikin jembatan. Biar nanti dicek, dilihat oleh Pak Menteri PU. Akan tetapi dicek dulu, nanti kalau sudah dicek ya semestinya dikerjakan. Jangan tergesa-gesa ya," ujar Presiden.
 
Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga sempat bercanda dengan warga yang hadir. Presiden Joko Widodo menanyakan apakah masih ada di antara hadirin yang dahulu pernah menemaninya mandi di Sungai Bengawan Solo. Desa Kragan sendiri memang berbatasan langsung dengan Sungai Bengawan Solo di bagian timurnya. Bengawan Solo memang memiliki kesan tersendiri di hati Presiden Joko Widodo.
 
"Dulu ketika kecil saya biasa mandi di Bengawan Solo. Tapi tadi saya tanya apa ada yang menemani saya, ternyata sudah tidak ada," ujar Presiden.
 
Ditemui seusai acara, salah seorang teman masa kecil Presiden Joko Widodo yang hadir dalam acara ramah-tamah tersebut menyebut bahwa pembangunan jembatan di desa tersebut akan sangat berguna bagi dirinya dan masyarakat sekitar. Dirinya berujar, warga akan sangat kesulitan bila hujan deras turun di desa tersebut.
 
"Lebih bagus. Kalau banjir soalnya bahaya. Setiap hujan deras di sini banjir. Geteknya enggak berani jalan kalau banjir," ujar Tjipto Wiyono (63 tahun) yang kini berprofesi sebagai tukang servis sepeda onthel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper