Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Gratis: Kemenhub Minta Masyarakat Lakukan Verifikasi Setelah Mendaftar

Kementerian Perhubungan meminta masyarakat melakukan verifikasi setelah mendaftar angkutan mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan bus.
Calon pemudik mendaftar untuk menjadi peserta mudik gratis/Antara
Calon pemudik mendaftar untuk menjadi peserta mudik gratis/Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan meminta masyarakat melakukan verifikasi setelah mendaftar angkutan mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan bus.

Direktur Angkutan dan Multimoda Direktorat Perhubugan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana menuturkan, verifikasi tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa para penumpang benar-benar akan mengikuti angkutan mudik gratis tersebut.

Langkah itu dilakukan karena pada angkutan mudik sepeda motor tahun sebelumnya, banyak masyarakat yang mendaftar angkutan mudik gratis dengan moda transportasi lain. Mereka yang akhirnya memilih mudik dengan moda transportasi lain tersebut tidak memberitahukan.

Hal tersebut membuat kuota yang seharusnya terisi menjadi kosong. Terkait dengan waktu verifikasi, dia mengungkapkan, kementerian perhubungan memberikan waktu per tiga hari. “Akan otomatis terhapus jika tidak verifikasi,” kata Cucu, Jakarta, Jumat (13/6).

Dia menambahkan, verifikasi tersebut dilakukan di berbagai tempat. Bagi pendaftar secara online (dalam jaringan/daring), verifikasi daring dapat dilakukan di Tangerang, Kantor Dishub Tangerang – Terminal Poris Palawad.

Kemudian di kota Tangerang Selatan, Kantor Dishub Tangsel – Kantor Dishub Serpong. Di Kota Depok, Kantor Dishub Depok – Terminal Kota Depok. Adapun, di Bekasi, Kantor Dishub Kota Bekasi – Kantor Pengujian Kendaraan Bermotor Bulak Kapal Bekasi.

Waktu verifikasi secara daring tersebut dari Senin hingga Jumat pada 16 Mei 2016 – 12 Juni 2016. Sementara itu, lokasi verifikasi pendaftaran secara manual dilakukan di tempat pendaftaran saat itu juga (on the spot).

Adapun lokasi pendaftaran dan verifikasi secara manual tersebut, seperti di DKI Jakarta, salah satunya dari 16 Mei 2016 – 21 Mei 2016 di Pasar Kebayoran lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper