Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Dimakzulkan, Rakyat Brasil Turun ke Jalan

Para pendukung Presiden Brazil Dilma Rousseff turun ke jalan pada Selasa (10/5) untuk memprotes proses pemakzulan terhadap perempuan presiden itu.
Presiden Brasil Dilma Rousseff (kiri)./Reuters
Presiden Brasil Dilma Rousseff (kiri)./Reuters

Bisnis.com, BRASILIA  - Para pendukung Presiden Brazil Dilma Rousseff turun ke jalan pada Selasa (10/5) untuk memprotes proses pemakzulan terhadap perempuan presiden itu.

Pemrotes menghalangi jalan dan dan sistem angkutan umum di sedikitnya 13 negara bagian dan Distrik Federal. Protes itu dilancarkan sehari sebelum Senat melakukan pemungutan suara mengenai apakah akan memulai proses pemakzulan dan untuk sementara menggeser Rousseff dari jabatannya sehubungan dengan tuduhan ia melanggar hukum anggaran.

Selain Distrik Federal, protes juga digelar di Negara Bagian Bahia, Ceara, Espirito Santo, Maranho, Minas Gerais, Paraiba, Parana, Pernambuco, Piaui, Rio de Janeiro, Rio Grande do Norte, Rio Grande do Sul dan Sao Paulo.

Protes tersebut diselenggarakan oleh Front Rakyat Brazil, yang terdiri atas 60 organisasi sosial, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi. Penyelenggara protes itu mengatakan proses pemakzulan merupakan "kudeta terhadap Brazil dan rakyat Brazil, serta menunjukkan kurannya penghormatan bagi suara rakyat".

Pemimpin kelompok Sentral Pekerja Bersatu Brazil, Vagner Freitas, mengatakan pemakzulan tersebut bertujuan menghadirkan pemerintah baru yang dipimpin oleh Wakil Presiden Michel Temer untuk menghilangkan hak bersejarah para pekerja.

Anggota penuh Senat dijadwalkan melakukan pemungutan suara mengenai apakah akan memulai proses pemakzulan terhadap Rousseff pada Rabu.

Jika mosi itu disetujui, Rousseff untuk sementara akan digeser dari jabatannya selama 180 hari, sehingga Wakil Presiden Temer akan mengambil-alih tanggung jawab sebagai Presiden selama pengadilan terhadap Rousseff.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/XINHUA-OANA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper