Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres JK Imbau Demo Buruh Tertib dan Sopan

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta demo buruh jangan sampai menyebabkan masalah yang lebih besar. Ia mempersilakan para buruh untuk berdemo tapi dengan tertib dan sopan.
Ilustrasi demo/newfirst.lk
Ilustrasi demo/newfirst.lk

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta demo buruh jangan sampai menyebabkan masalah yang lebih besar. Ia mempersilakan para buruh untuk berdemo tapi dengan tertib dan sopan.

"Buruh kan mengalami kesulitan kalau ekonomi turun, jangan pula demo sampai sebabkan masalah lebih besar lagi. Silakan unjuk rasa tapi sopan dan baik. Karena itu untuk kepentingan buruh sendiri," kata Kalla seusai menghadiri acara peluncuran ensiklopedi Yusril Ihza Mahendra di Gedung Bidakara, Sabtu, 6 Februari 2016.

Kalla mengatakan demonstrasi biasa dilakukan karena Indonesia adalah negara demokratis. Tapi ia mengingatkan, demonstrasi jangan sampai melanggar hukum atau merusak keamanan.

"Kalau tidak, akan ditindak. Jangan merusak. Silakan demo, asal jangan merusak dan jangan halangi orang," kata Kalla. Kalla juga menegaskan sikap ini demi kepentingan buruh sendiri.

Presiden KSPI dan FSPMI Said Iqbal sebelumnya mengatakan buruh berunjuk rasa untuk menyuarakan stop pemutusan hubungan kerja (PHK), tolak upah murah, dan cabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015.

Berdasarkan data KSPI dan FSPMI, 865 buruh PT Toshiba Consumer Products Indonesia di-PHK. Sebanyak 480 buruh PT Panasonic juga mengalami nasib serupa. Said memaparkan banyak pekerja saat ini terancam PHK. Pasalnya, sejumlah perusahaan tidak lagi memperpanjang kontrak kerja karyawannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper