Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi MEA, Perguruan Tinggi Harus Bekerjasama

Guna memperkuat posisi pada MEA mendatang, sejumlah perguruan tinggi di Asia Tenggara membentuk kerjasama.n
Ilustrasi/asean.org
Ilustrasi/asean.org

Kabar24.com, JAKARTA -- Tinggal hitungan hari, semua masyarakat di negara-negara Asean akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Guna memperkuat posisi pada MEA mendatang, sejumlah perguruan tinggi di Asia Tenggara membentuk kerjasama.

Menteri Pembangunan Wanita, Keluarga, dan Masyarakat Malaysia Dato Sri Rohani Abdul Karim mengungkapkan bila komunitas pada Asean bergerak dengan caranya sendiri.

"Berpedoman pada nilai tradisi serta jati diri yang sekian lama mencerminkan budaya dan adat istiadat kita dan dalam bersamaan kita harus lebih aktif dan progresif, jika tidak akan ketinggalan jauh di belakang dibandingkan dengan negara-negara maju," ungkapnya, seperti dimuat laman resmi Universitas Padjajaran, Selasa (1/12/2015).

Selain itu, Guru Besar Unpad Profesor Oekan S Abdoellah, menyatakan bila peran perguruan tinggi selain mendidik yakni untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Karena itulah, perguruan tinggi dituntut untuk menjalankan tanggung jawabnya secara sosial.

“Bukan hanya kerjasama di dalam negeri, tetapi juga dengan perguruan tinggi negara lain. Kerjasama ini menjadi landasan yang penting untuk dapat memperkuat dukungan perguruan tinggi atas berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah di berbagai negara dalam menghadapi beragam persoalan yang dihadapi,” ujarnya.

Kerjasama tersebut dibahas dalam Simposium Kebudayaan dan Kerjasama Indonesia-Malaysia (SKIM) XIV di Putrajaya, Malaysia. Simposium tersebut diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi di Malaysia.

"Makalah yang dipresentasikan pada SKIM XIV berjumlah 138 makalah yang berasal dari 26 perguruan tinggi Indonesia dan 15 perguruan tinggi Malaysia. Alhamdulillah, seluruh delegasi dari Unpad dapat mengikuti semua kegiatan dengan baik, dan pihak panitia memberikan pelayanan yang cukup baik pula,” tambah Ketua Panitia SKIM XIV dari pihak Unpad, Mudiyati Rahmatunnisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper