Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepuluh Istilah Unik di Korea

Dalam berkomunikasi, ada kata-kata atau istilah-istilah unik yang berlaku dan digunakan di Korea.
Istana Changdeokgung di Korea Selatan/visitkorea.or.kr
Istana Changdeokgung di Korea Selatan/visitkorea.or.kr

Kabar24.com, JAKARTA-- Dalam berkomunikasi, ada kata-kata atau istilah-istilah unik yang berlaku dan digunakan di Korea.

Dikutip dari Koreaboo, inilah kata-kata atau istilah-istilah unik yang digunakan masyarakat Korea dalam berkomunikasi:

1. Signpen
Sesungguhnya, ini adalah felt pen, atau kurang lebih di Indonesia kita kenal sebagai spidol. Masyarakat Korea biasa menyebutnya signpen karena alat tulis ini kerap digunakan untuk membuat tanda tangan.

2. Sharp
Anda masih ingat dengan pensil mekanik? Pensil yang ujungnya harus ditekan agar pensilnya muncul keluar ini oleh masyarakat Korea disebut Sharp.

Sharp bukanlah bahasa Korea dari pensil mekanik. Nama Sharp merupakan merek dari pensil mekanik buatan Jepang yang banyak dijual di Korea.

3. Reple
Reple artinya adalah balasan, atau komentar balasan. Kata ini diambil dari kata bahasa Inggris ‘reply’.

4. Pama
Ada 2 teori untuk asal usul kata Pama. Ada yang menyebut, masyarakat Korea sengaja membuat versi pendek kata Permanent dan hanya mengambil 5 huruf awalnya saja, yakni Perma.

Ada juga yang menyebut, masyarakat Korea melakukan kekeliruan saat melafalkan kata Perm, dan fatalnya, kekeliruan ini berlanjut dan menyebar.

5. Notebook
Tidak ada benda yang bernama laptop bagi masyarakat Korea. Yang ada hanyan, meskipun sebenarnya benda yang mereka sebut notebook itu adalah laptop. Bagi masyarakat Korea, semua komputer portabel adalah notebook.

6. Hand Phone
Bagi masyarakat Korea, telepon yang dapat digenggam dengan tangan disebut hand phone. Ya, memang benar. Namun, jika Anda cermati, sesungguhnya penulisan kata handphone yang tepat adalah tanpa spasi. Tapi, yang berlaku di Korea justru kata Hand Phone yang menggunakan spasi.

7. Skinship
Kata ini bermakna kontak fisik yang mengandung unsur romantis. Jika Anda mencari kata ini di kamus Bahasa Inggris, dijamin Anda tidak akan menemukannya.

Namun, Anda pasti akan menemukannya melalui Urban Dictionary. Dan, percaya atau tidak, masyarakat Korea lah yang mempopulerkan kata atau istilah ini.

8. Hof
Sesungguhnya, Hop merupakan salah satu bahan untuk membuat minuman bir.

Tapi, oleh masyarakat Korea nama Hop diambil dan dijadikan sebagai nama untuk tempat khusus untuk menikmati bir (semacam kafe), hingga akhirnya tempat minum bir apapun oleh masyarakat Korea disebut dengan Hof.

9. Idol
Kaum selebriti, entah itu aktris, aktor, ataupun penyanyi, oleh masyarakat Korea disebut dengan Idol.

10. Autoby
Banyak yang menebak-nebak kenapa masyarakat Korea menyebut motor dengan sebutan autoby. Sejauh ini, tebakan yang dianggap paling masuk akal adalah mayarakat Korea menggabungkan kata Auto dan kata Bicycle.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper