Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siswa Baru Wajib Ikut Ekstrakulikuler

Satu minggu setelah masuk sekolah dan masa orientasi siswa selesai, siswa baru di wajibkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler untuk menunjang nilai non akademis dan keterampilan siswa.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- Satu minggu setelah masuk sekolah dan masa orientasi siswa selesai, siswa baru di wajibkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler untuk menunjang nilai non akademis dan keterampilan siswa.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad mengatakan, biasanya perpeloncoan tidak hanya terjadi saat masa orientasi siswa baru melainkan juga saat masa orientasi di masing masing organisasi ekstrakulikuler di sekolah.
 
"Kami tekankan pada minggu pertama tidak terjadi apa-apa. Nah biasanya tiga bulan setelah ini ekskul-ekskul lakukan perpeloncoan. Ini yang harus diawasi, organisasi di sekolah," ungkap Hamid.
 
Hamid mengatakan, kegiatan organisasi di sekolah seharusnya sudah tidak ada lagi campur tangan alumni dan dibina dalam konteks negatif. 
 
"Selama ini yang dibina alumni konteksnya negatif karena jadi ajang balas dendam. Kepala sekolah dan guru harus peka disitu," ujarnya.
 
Menurut Hamid, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melayangkan surat edaran menteri untuk meniadakan segala bentuk hukuman fisik dan psikologis pada siswa baru. 
 
"Kami pantau dan dampingi mana sekolah sekolah yang sengaja melakukan itu melalui dinas pendidikan kota. Gak bisa melakukan pembiaran," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper