Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Pengurangan DBH, Pemkot Balikpapan Pangkas Kegiatan SKPD

Pemerintah Kota Balikpapan akan melakukan pemangkasan kegiatan-kegiatan di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebagai antisipasi apabila terjadi defisit pada APBD perubahan 2015
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN— Pemerintah Kota Balikpapan akan melakukan pemangkasan kegiatandi setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebagai antisipasi apabila terjadi defisit pada APBD perubahan 2015.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan pihaknya menerima kabar dari pemerintah pusat mengenai rencana pengurangan dana bagi hasil (DBH) dari pengolahan hasil minyak dan gas akibat menurunnya harga minyak dunia.

“Kami dapat warning ada kemungkinan DBH dari APBN akan turun. Tahun lalu DBH untuk Balikpapan itu Rp1 triliun. Hitungan kasar kami penurunannya mungkin sampai Rp180 miliar, sekitar 20%,” tuturnya, Selasa (24/3/2015).

Dia mengatakan akibat dari kemungkinan penurunan DBH tersebut, pihaknya menghitung akan terjadi defisit pada APBDP 2015 sekitar Rp150 miliar.

Menurutnya, hal ini menjadi dilema bagi pemerintah kota. Sebab, pemkot mau tak mau harus menganggarkan dana untuk Pilkada 2015 dan menganggarkan pembiayaan pembangunan proyek multiyears.

“Memangkas kegiatan SKPD itu solusinya. Karena Pilkada enggak bisa ditawar, kami anggarkan Rp72 miliar, dan untuk proyek multiyears kami anggarkan Rp150 miliar,” lanjutnya.

Dia merincikan anggaran sebesar Rp72 miliar tersebut terdiri dari Rp38 miliar untuk Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan, dan sisanya untuk dana pengamanan dan dana panitia pengawas Pilkada.

Lebih lanjut, Rizal mengatakan pihaknya masih menanti kepastian dari pemerintah pusat mengenai pengurangan DBH tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper